04 Maret 2009 PROGRAM OPERATOR ANYAR DAN FWA

Mulai Internet Gratis Sampai Menggandeng Partai Politik

KONTAN – Trio operator lawas sudah mengungkapkan pencapaian kinerja mereka tahun lalu, berikut target baru. Bagaimana dengan para operator yang datang belakangan? Tentu saja mereka tetap bertempur untuk menambah pelanggan dan pundi-pundi pemasukan.

Mari kita tengok program paling anyar Hutchinson CP Telecom Indonesia (HCPTI). Pemilik merek “3” ini menggratiskan fasilitas internet. Tentu ada syaratnya.

Pelanggan harus mengisi ulang pulsa minimal senilai Rp10.000, baru bisa menikmati internet gratis hingga 500 kilobytes (kb) per hari selama masa aktif. Sedangkan dengan menginjeksi pulsa minimal Rp30.000, pelanggan mendapat akses internet gratis 1 megabytes (MB) per hari selama masa aktif pulsa.

HCPTI melihat, internet menjadi kebutuhan masyarakat. Biro riset internasional Internet World Stats memperkirakan, saat ini terdapat lebih dari 25 juta orang mengakses internet di Indonesia. “Saatnya masyarakat Indonesia selalu terhubung melalui chatting, blogging, browsing, emailing. Tak ada lagi istilah mati gaya dengan gratis internetan,” ujar Chief Commercial Officer HCPTI Suresh Reddy. Kini “3” menggenggam 3,6 juta pelanggan.

Pendatang baru AXIS juga berupaya merebut hati pelanggan dengan mensponsori festival musik Java Jazz, hingga tiga tahun ke deapan. AXIS menjadi sponsor setelah menyingkirkan Telkomsel yang menjadi pendukung Java Jazz selama beberapa tahun.

Selain itu, pekan ini AXIS mengeluarkan paket bundling dengan Nokia 5130 XpressMusic. Paket ini akan dijual seharga Rp1,5 juta. Harga ini termasuk kartu perdana AXIS dengan bonus bicara, SMS dan bonus akses data bulanan 25 MB. “Kami ingin memberi nilai tambah bagi pelanggan, serta mempertegas komitmen AXIS untuk membangun industri musik Indonesia,” papar Johan Buse, Chief Commercial Officer AXIS.

Bagaimana dengan operator fixed wireless access (FWA)? Smart Telecom memilih meluncurkan Smart Super Bonus yang menyediakan paket komunikasi Indonesia ke Malaysia. Paket ini terdiri dari kartu perdana Smart, handset, dan kartu perdana Mobile88, operator telekomunikasi Malaysia. Fasilitasnya berupa SMS murah Rp5.000 per pekan dan tarif SLI murah.

Sedangkan Esia tetap setia dengan menggandeng berbagai komunitas. Kabar terbaru, produk Bakrie Telecom itu menggandeng parpol untuk kampanye melalui SMS.

Sayangnya, Esia enggan menyebutkan jati diri parpol-parpol tersebut. “Kalau proposal yang datangnya dari para caleg lebih banyak lagi,” ujar Rahmat Junaidi, Direktur Pelayanan Korporat Bakrie Telecom. Tapi konon Esia menggandeng PDIP, Partai Golkar dan Gerinda. *Ahmad Febrian

0 komentar: