03 Maret 2009 Telkom Investasi USD200 Juta

Jakarta (SINDO) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menginvestasikan dana USD200 juta untuk pengadaan satelit Telkom-3. Satelit tersebut dibuat oleh perusahaan Rusia, Reshetnev.

Kontrak pengadaan satelit Telkom-3 tersebut telah ditandatangani Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah dan First Deputy of General Designer and General Director Information Satellite System (ISS) Reshetnev Victor Kosenko di Jakarta, kemarin.

“Kontrak yang ditandatangani meliputi pembuatan Satelit Telkom-3, Jasa Peluncuran, Penyediaan Perangkat pengendali Satelit serta training dan internship,” ujar Rinaldi seusai penandanganan kontrak.

Rinaldi mengatakan, dana sebesar USD200 juta itu akan diambil dari kas internal, namun tidak tertutup kemungkinan menggunakan pinjaman. “Kita punya dana sebesar USD200 juta, jadi tidak masalah. Tetapi bisa saja ada pihak yang mau mendanai,” tambahnya.

Menurut rencana, satelit Telkom-3 ini akan selesai di buat dalam 29 bulan dan diluncurkan pada Agustus 2011 di Boikonur, Kazastan. “Kami percaya Reshetnev akan tepat waktu dalam menyelesaikan pekerjaannya. Ini memang pertama kali kami bekerja sama dengan perusahaan Rusia untuk peluncuran satelit,” papar Rinaldi.

Lebih lanjut Rinaldi menegaskan, kontrak yang ditandatangani ini sangat penting dan strategis terkait dengan meningkatnya kebutuhan transponder untuk pengembangan layanan bisnis satelit, khususnya Telkom Group. (rakhmat baihaqi)

0 komentar: