22 Juli 2009 Di Dunia, Pengguna GSM Capai 3,9 Miliar

Indosat Luncurkan Program Komunikasi di Dalam Pesawat

Jakarta, Probisnis RM – Untuk menggaet pelanggan seluler lebih luas lagi, Indosat meluncurkan layanan terbaru yang memungkinkan pelanggan berkomunikasi saat berada di dalam pesawat.

Di program ini, Indosat bekerja sama dengan AeroMobile. Dirut PT Indosat Johnny Swandy Sjam meyakinkan, teknologi tersebut sudah melalui uji coba dan terbukti aman. “Dan ini tidak menganggu sistem pesawat terbang,” katanya saat jumpa pers usai penandatangan kerja sama tersebut di jakarta, kemarin.

Director of Regulatory Affair AeroMobile Stein Gudbjorsrud mengatakan, secara komersial teknologi AeroMobile telah digunakan selama dua tahun terakhir. Contohnya pada maskapai Emirates yang beroperasi di 60 negara. Di mana penggunanya sudah mencapai sekitar 1,5 juta penumpang setiap bulan.

Pengguna teknologi ini, lanjut Gudbjorsrud, terbukti aman dan mendapat persetujuan dari European Aviation Safety Agency dan otoritas penerbangan di negara asal maskapai. “Sistem Aeromobile didesain tidak mengganggu sub sistem penerbangan dan sistem telekomunikasi di luar pesawat,” ujarnya.

Sementara Group Head Integrated Marketing Indosat Fuat Fahrudin menjelaskan, peluang penggunaan teknologi ini masih terbuka lebar. Pasalnya, data GSM Mobile menyebutkan jumlah pengguna ponsel sebanyak 3,9 miliar orang di seluruh dunia. Dari total tersebut, lebih dari satu juta pengguna ponsel menumpang pesawat terbang dalam sehari.

Menurut Fuad, AeroMobile telah melakukan 18 ribu penerbangan dengan jam terbang hingga 82 ribu jam. “Nilai take up-nya cukup besar, yakni 40 persen penumpang. Saat ini, sudah 47 pesawat yang telah dipasangi teknologi AeroMobile,” jelasnya.

Dengan Aeromobile, lanjut Firman, tarif panggilan keluar dan masuk bagi pelanggan Matrik sebesar Rp55 ribu per menit, pesan pendek (SMS) Rp15 ribu per SMS dan layanan data Rp350 per KB.

Chief Marketing Officer Indosat Guntur S Siboro menimpali, kapasitas panggilan atau layanan suara yang dimungkinakan di pesawat mencapai 6 hingga 10 line dalam satu waktu. “Besarnya tergantung satellite communication (satcom) yang terinstalasikan di pesawat. Sementara untuk SMS dan data, tidak ada limitnya,” kata Guntur. ■ DIN

0 komentar: