17 Juli 2009 Icon+ Sediakan Layanan Suara, SMS, dan Data

Investor Daily – PT Indonesia Comnet Plus (Icon+) telah menandatangani kontrak pembangunan jaringan telekomunikasi di 7.773 desa terpencil dalam kerangka Universal Service Obligation (USO). Dalam proyek senilai Rp730 miliar itu, anak perusahaan PT PLN (Persero) itu akan menyediakan layanan suara, SMS, dan internet.

Dirut Icon+ Mulyo Adjie mengatakan, setelah mempertimbangkan medan dan lokasi yang cukup jauh, proyek USO ini akan menggunakan teknologi satelit (Vsat) yang berbasis Internet Protocol (IP-based), dan KU-Band minimal 128 Kbps. Untuk memulai proyek ini, pemerintah telah menjamin untuk menguncurkan dana sebesar 6% dari nilai kontrak atau Rp43 miliar.

“PLN sangat mendukung adanya sinergi dalam proyek USO ini,” kata Mulyo Adjie di Jakarta, Kamis (16/7).

Icon+ saat ini memiliki lebih dari 8 ribu km jaringan kabel serat optik. Selain memanfaatkan jaringan kabel serat optik itu, Icon+ juga bisa memanfaatkan jangkauan coverage PLN yang telah menjangkau hingga ke ujung timur Indonesia.

Icon+ juga berencana mengembangkan jaringan kabel serat optik di wilayah timur Indonesia setelah merampungkan pembangunan USO.

Penandatanganan kontrak USO dilaksanakan di Jakarta, Kamis (16/7). Yakni, antara Kepala Balai Telekomunikasi dan Informatika Perdesaan (BTIP) Depkominfo H Santoso dan Direktur Utama Icon+ Mulyo Adjie. Menkominfo Muhammad Nuh ikut menyaksikan acara penandantangan itu. (c135)

0 komentar: