25 Juli 2009 Operator besar nilai harga WiMax terlalu tinggi

Oleh Fita Indah Maulani
Bisnis Indonesia

Jakarta (24/07/2009) – Operator telekomunikasi besar menilai harga lelang pita broadband wireless access (BWA) atau WiMax di frekuensi 2,3 GHz terlalu tinggi dan cenderung tidak masuk akal.

Rakhmat Junaidi, Direktur Corporate Service PT Bakrie Telecom, mengatakan pihaknya bukan tidak berminat terhadap tender BWA di frekuensi 2,3 GHz yang baru selesai pekan lalu, tetapi harga penawaran peserta lain terlalu tinggi.

“Jujur kami cukup terkejut dengan harga penawaran tertinggi yang ditetapkan menjadi pemenang, bukannya tidak berminat, tetapi harga segitu jauh dari rencana bisnis perusahaan,” ujarnya kemarin.

Sebagai contoh di zona 4 yang mencakup Jakarta, Banten, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Pada penawaran ronde ketiga harga dasar masih di kisaran Rp30 miliar, Btel melakukan penawaran tidak jauh dari itu, ternyata pemenangnya menawar Rp101 miliar dan Rp110 miliar.

Mayoritas harga penawaran yang menjadi pemenang di tender lalu tergolong tinggi, apalagi bagi layanan dengan teknologi 16d (nomadic) sehingga menyulitkan operator yang sudah berpengalaman menggelar layanan data menetapkan harga jual sesuai dengan rencana bisnis.

Btel mengungkapkan dalam rencana bisnis sudah dipertimbangkan berapa harga jual yang akan ditawarkan kepada konsumen, daerah mana saja yang dibidik,dan harga lisensi yang masuk akal.

“Kami tidak bisa memberitahukan berapa harga masuk akal menurut Bakrie Telecom, tetpai perlu dicatat juga untuk melayani pelanggan, perusahaan pemenang perlu membangun backbone yang memerlukan investasi juga,” ujarnya.

Bakrie Telecom semula mengincar zona BWA di Pulau Jawa untuk meningkatkan kulitas layanan datanya. Kontribusi layanan data operator telekomunikasi ini masih di bawah 5% dari total pendapatan perusahaan.

Hal senada diungkapkan seorang eksekutif operator incumbent bahwa harga lelang BWA sangat tinggi dan tidak ekonomis sehingga sulit memberikan harga ritel kepada pelanggan.

Hermanudin, General Manager Business Planning & Development IM2, mengatakan pihaknya cukup senang telah berhasil memenangi zona 5 yang meliputi Jawa Barat kecuali Depok, Bogor, dan Bekasi.

“Kami akan menawarkan produk dengan nilai produk yang lebih tinggi tetapi harga lebih rendah dibandingkan dengan layanan serupa yang sudah ada selama ini. Harga ritel dipastikan dibawah harga saat ini,” ujarnya.

Harga terendah layanan data broadband saat ini sekitar Rp500.000 hingga Rp1 juta untuk kecepatan minimum 356 Kbpz.

IM2 berencana menawarkan di bawah Rp500.0000 dengan kemampuan sama.

Indosat M2 sejauh ini belum berani menjanjikan banyak hal bagi para konsumen di Jawa Barat karena masih ada beberapa hal yang belum pasti, seperti harga perangkat dan ketersediaannya.

0 komentar: