17 Juli 2009 Ritz-Marriot Meledak, Trafik Telkom Group Melonjak 300%

Achmad Rouzni Noor IIdetikinet

Jakarta – Ledakan yang terjadi di Hotel Ritz Carlton dan JW Marriot tak pelak membuat trafik telepon sejak pagi melonjak drastis. Namun sejuh ini, Telkom Group mengklaim jaringan mereka masih aman.

Sebagai perusahaan telekomunikasi dengan pelanggan terbanyak, Telkom Group sudah pasti disibukkan dengan tingginya trafik pasca ledakan bom yang terjadi di kedua hotel tersebut sejak pukul 08.00 WIB di seputar Mega Kuningan, Jakarta, Jumat (17/7/2009).

“Kami masih terus memantau trafik. Estimasi kami, ledakan trafik bisa melonjak lebih dari 300 persen. Namun sejauh ini jaringan masih aman, meski sedikit tersendat akibat lonjakan trafik,” kata VP Public & Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia, kepada detikINET.

Estimasi lonjakan trafik Telkom serjadi pada penggunaan telepon kabel PSTN, telepon nirkabel Flexi, dan akses internet Speedy. Jadi ditotal, pelanggan seluruh layanan itu berkisar 20 juta.

Demikian pula dengan Telkomsel. Anak usaha Telkom yang menyelenggarakan layanan seluler untuk 67 juta pelanggan itu, juga mengklaim jaringannya masih aman sejak pagi sampai jelang siang ini. Meski disanggah demikian, pengguna BlackBerry Telkomsel mengaku kesulitan untuk mengakses internet lewat perangkat itu.

“Jaringan kami masih baik-baik saja. BlackBerry juga tidak ada masalah,” klaim Nirwan Lesmana, GM Marketing Telkomsel saat dihubungi detikINET lewat pesan instan. Pengguna BlackBerry Telkomsel telah mencapai 110 ribu. (rou/faw)

0 komentar: