22 Juli 2009 Telepon di Angkasa Tarifnya Selangit

Kontan – Selama ini komunikasi di pesawat adalah hal yang haram. Alasannya, bisa mengganggu navigasi. Tapi mulai kemarin para pelanggan Indosat sudah bisa menikmati layanan komunikasi (voice, SMS, dan data) di angkasa.

Hadirnya fasilitas telekomunikasi di pesawat bisa terwujud berkat kerjasama Indosat dengan AeroMobile, operator yang manawarkan layanan mobile pertama di pesawat. “Ini menjadi solusi terhadap permintaan komunikasi dalam pesawat yang semakin tinggi,” ujar Stain Gudbjorgsrud, Director of Regulatory Affairs AeroMobile.

Indosat harus merogoh US$12 juta untuk membangun infrastruktur telekomunikasi base transceiver station (BTS) di 48 pesawat. “Di setiap pesawat kami mengeluarkan investasi US$250.000,” ungkat Chief Marketing Officer Indosat Guntur S. Siboro.

Agar bisa mencicipi layanan tersebut, pelanggan pasca bayar Indosat harus merogoh kocek cukup dalam: tarif voice Rp55.000 per menit, SMS Rp15.000, dan akses data Rp350 per kilobyte. Maskapai yang sudah bekerjasama antara lain Qantas, Emirated, dan Malaysia Airlines. * Ahmad Febrian

0 komentar: