26 Agustus 2009 Alcatel-Lucent rampungkan SJJK

Oleh Roni Yunianto
Bisnis Indonesia

Jakarta: Alcatel-Lucent merampungkan penggelaran jaringan kabel bawah laut Sumatera-Jawa-Jawa-Kalimantan (SJJK) penghubung pulau-pulau terpencil di Indonesia dari empat operator telekomunikasi.

Etienne Lafougère, Presiden Aktivitas Jaringan Kabel Bawah Laut Alcatel-Lucent, menuturkan proyek itu menjadi kunci untuk mengakses teknologi mutakhir di daerah-daerah yang belum memanfaatkan Internet.

“Proyek ini memperkuat komitmen bersama kami dengan operator terutama untuk mendukung mereka dalam memberikan layanan-layanan inovatif dan andal,” ujarnya kemarin.

Alcatel-Lucent, paparnya, telah menyelesaikan penggelaran jaringan kabel bawah laut sepanjang 554 km bernama Sumatera-Jawa-Jawa-Kalimantan (SJJK) yang menghubungkan pulau-pulau terpencil di kepulauan Indonesia.

Adapun, proyek tersebut berasal dari empat operator telekomunikasi yaitu PT Excelcomindo Pratama Tbk, PT PGAS Telekomunikasi Nusantara, PT Bakrie Telecom Tbk, dan PT Mora Telematika Indonesia.

Proyek kabel bawah laut Sumatera-Jawa-Jawa-Kalimantan (SJJK) merupakan jaringan kabel bawah laut yang baru yang mendorong pertambahan kapasitas infrastruktur komunikasi.

“ini untuk memenuhi pertumbuhan volume trafik yang dibutuhkan oleh lebih dari 4 juta pelanggan dan untuk mengurangi kesenjangan dalam mengakses teknologi informasi di daerah tersebut.”

Proyek turnkey tersebut diklaim memainkan peranan penting di setiap strategi perusahaan untuk memperluas jangkauan konektivitas dan layanan pita lebar untuk daerah yang selama ini belum terlayani dengan baik.

0 komentar: