27 Agustus 2009 Nama dagang BisPak dipermasalahkan

Oleh Fita Indah Maulani
Bisnis Indonesia

Jakarta: Badan Ragulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menyesalkan program pemasaran produk baru milik Bakrie Telecom, Esia BisPak, yang dinilai melanggar etika dan berkonotasi negatif.

“Sangat disesalkan Bakrie Telecom menggunakan istilah “Bispak’ untuk nama produknya yang baru, karena di masyarakat isitilah tersebut berkesan negatif, apalagi di saat Ramadhan,” ungkap anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Heru Sutadi kemarin.

Di dalam bahasa gaul, kata bispak sering digunakan untuk menggambarkan cewek dengan profesi sebagai pekerja seks komersial (PSK).

Pada kata cewek bispak, misalnya, akronim bispak diartikan sebagai bisa dipakai. Dengan demikian cewek bispak mengacu pada sebutan seorang gadis panggilan atau wanita PSK.

Heru mendesak Bakrie Telecom untuk mengganti slogan pemasaran terbarunya agar tidak menjadi referensi bagi operator lainnya yang cenderung melanggar norma-norma di masyarakat.

Direktur Kebijakan dan Perlindungan Konsumen Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (LPPMI) Kamilov Sagala mendesak BTEL menghentikan slogan “Bispak” agar tidak terjadi keresahan di masyarakat.

Erik Meijer Wakil Direktur Utama PT Bakrie Telecom mengatakan kata “Bispak” dipakai untuk menunjukkan tarif Esia bisa digunakan untuk jasa operator seluler mana saja.

“Istilah itu paling pas menurut internal kami. Kata tersebut menjelaskan fungsional dari fitur yang ditawarkan. Jika ada yang berpikir kata itu identik dengan istilah tidak mengenakkan, itu bergantung setiap individu,” tukasnya.

Telepas dari polemik mengenai istilahnya, PT Bakrie Telecom Tbk menantang pengguna ponsel untuk membandingkan tarif Esia BisPak dengan tarif yang diberikan oleh operator GSM (global system for mobile communication).

Tarif GSM yang menjadi incaran Esia adalah Bebas (XL), Kartu AS (Telkomsel), simPATI (Telkomsel), Mentari (Indosat), dan IM3 (Indosat).

“Pelanggan bisa mencoba salah satu dari tarif BASMI [Bebas, AS, simPATI, Mentari, dan IM3] untuk digunakan di nomor Esia-nya. Rasakan dan bandingkan ketika menggunakan Esia, mana yang paling murah.” (ARIF PITOYO)

0 komentar: