28 Agustus 2009 Pengguna broadband Telkomsel naik 400%

Oleh Roni Yunianto
Bisnis Indonesia

Jakarta: PT Telkomsel telah mencatat pertumbuhan 400% pengguna mobile broadband Telkomsel Flash dibandingkan dengan akhir 2008.

Gideon Edie Purnomo, Vice President Channel Management PT Telkomsel, mengatakan pertumbuhan pasar pengguna layanan mobile broadband Telkomsel Flash pesat.

“Kini pelanggan Telkomsel Flash mencapai 1 juta orang atau meningkat 400% dibandingkan dengan jumlah pada akhir 2008 yang hanya 200.000 pelanggan,” ujarnya kemarin.

Menurut Gedeon, seluler dan Internet akan berkonvergensi, di mana mobile wireless Internet broadband akan menjadi solusi bagi para pengguna Internet yang beraktivitas dengan tingkat mobilitas tinggi.

“Potensi pengguna mobile broadband diperkirakan mencapai 5 juta pada akhir 2010 dari sekitar 35 juta pengguna Internet.”

Pada 2010, jumlah pelanggan telekomunikasi seluler di Indonesia diproyeksikan menembus 150 juta orang.

Menurut Gideon, tingginya minat konsumen Indonesia terutama dari kalangan muda dalam menggunakan layanan mobile broadband itu sejalan dengan program apresiasi yang digelar melalui strategi program paket USB modem.

Telkomsel menggandeng vendor Huawei untuk memasok modem yang terintegrasi dengan PC Voice, yang memungkinkan pengguna menerima telepon ketika sedang ber-Internet.

Seri modem terbaru dalam paket itu di antaranya seri E-1750 yang memungkinkan kecepatan unduh (download) hingga 7,2 mega bit per second (Mbps) dan kecepatan unggah (upload) mencapai 5,76 Mbps.

Modem itu akan dipaket dengan fasilitas Internet gratis 300 MB per bulan selama 6 bulan dengan harga Rp900.000. Sementara itu, USB modem Huawei E-1550 berkemampuan kecepatan download hingga 3,6 Mbps dipaket seharga Rp700.000.

Gideon mengatakan dalam pemanfaatan layanan mobile broadband, pelanggan menuntut kenyamanan dan kecepatan. Kebutuhan ini semakin terasa dan dapat dipenuhi berkat dukungan jaringan berteknologi 3G.

“Saat ini sebaran teknologi 3G Telkomsel telah merambah lebih dari 150 kota yang tersebar dari Sumatera hingga wilayah Indonesia Timur,” ungkap Gideon.

Suryo Hardiyanto, Manajer Corporate Communication Telkomsel, menuturkan hingga saat ini Telkomsel telah menjadi 14 juta pelanggan 3G dari total 78 juta pelanggan Telkomsel.

Huawei selama ini juga telah mendukung Telkomsel dalam mengembangkan jaringan global system for mobile communication (GSM) dan jaringan universal mobile telecommunication system (UMTS) untuk mendukung pelayanan kepada pelanggan operator tersebut yang rata-rata meningkat 1,7 juta pelanggan per bulan.

0 komentar: