28 Agustus 2009 Telkomsel Naikkan Kapasitas 200% di Jatim

Surabaya, Investor Daily – Telkomsel area III (Jawa-Bali) yang merupakan pusat tujuan mudik Lebaran telah mengantisipasi lonjakan trafik selama Lebaran dengan meningkatkan kapasitas sampai 200%. Lonjakan trafik SMS diperkirakan menembus angka 600 juta per hari.

General Manager Network Operation Telkomsel Regional Jatim Malemta Sitepu mengatakan, berbagai elemen jaringan Telkomsel, seperti short message service center (SMSC), base transceiver station (BTS), mobile switching center (MSC), dan intelligent network (IN) telah disiapkan melayani kebutuhan komunikasi bagi pemudik. Dia memperkirakan, jumlah pemudik dapat mencapai dua kali lipat dari jumlah pelanggan Jawa Timur saat ini.

Guna mengantisipasi lonjakan ini, kata Malemta, Telkomsel telah menyediakan kapasitas visitor location register (VLR) sebesar 10 juta dengan kelonggaran daya tampung 77%. Saat ini pihaknya telah menghadirkan kemampuan handling pelanggan atau HLR ( home location register) hingga lebih dari 16 juta pelanggan.

“Kenaikan trafik SMS saat Lebaran diperkirakan sekitar 150-200%. Sedangkan untuk lonjakan call hanya sekitar 10-20%. Dengan utilitas infrastruktur kami yang sekitar 60-70%, lonjakan tersebut masih bisa diantisipasi,” kata Malemta di sela paparan Telkomsel Siaga 2009 di Surabaya, Rabu (26/8).

Dia mengatakan, Telkomsel di Jawa Timur menyediakan kapasitas handling yang mampu melayani 8.050 SMS per detikatau 695 juta SMS per hari. Untuk kapasitas kanal voice sebesar 3,56 juta Erlang dan kapasitas perangkat untuk akses data sebesar 2.5 Gbps sampai akhri 2009.

Kebutuhan komunikasi masyarakat saat Ramadhan dan menjelang Lebaran nanti diperkirakan meningkat 150-200% sesuai peningkatan kapasitas jaringan. Saat ini untuk kenyamanan berkomunikasi di Jawa Timur, Telkomsel telah menyediakan 2.731 BTS termasuk di dalamnya 600 Node-B (BTS 3G) yang mencakup seluruh ibu kota kecamatan di Jawa Timur. Hingga akhir 2009 Telkomsel berniat menambah 249 BTS lagi, termasuk 84 Node-B.

“Menghadapi musim mudik ini kami terus membangun BTS-BTS baru termasuk Node-B. Dengan luasnya jaringan Telkomsel hingga seluruh ibu kota kecamatan di Jatim, kami harap akan memberikan kenyamanan bagi pelanggan dalam melakukan komunikasi baik SMS, suara maupun data,” kata dia.

Untuk komunikasi suara, kata dia, jaringan Telkomsel menghadirkan tingkat call completion success rate mencapai 98,58%. Hal ini menggambarkan tingginya tingkat kesuksesan suatu komunikasi sejak tersambung hingga selesainya percakapan.

General Manager Sales & Customer Service Telkomsel Regional Jatim Tavadi Rismayuda mengatakan, dengan penambahan kapasitas diharapkan bisa mengurangi tingkat kegagalan panggilan. Dari sisi pelayanan Telkomsel menghadirkan sebanyak 113.594 titik pelayanan langsung yang teridiri atas 10 Grapari, 32 Gerai Halo, 4 Physic Sharing Outlet, 673 Own Management Outlet, 67.250 Reseller/M-Kios, 45.624 Outlet Terdaftar. Kesemuanya untuk malayani pelanggan mulai dari kebupaten bahkan hingga daerah pelosok sekalipun. (zal)

0 komentar: