24 September 2009 3 Operator siapkan layanan mudik

Oleh Fita Indah Maulani & Roni Yunianto
Bisnis Indonesia

Indramayu (18/09/2009): PT Indosat memprediksi kenaikan pengguna layanan data mencapai 50% pada H-3 hingga H+3 Lebaran dibandingkan dengan hari biasa, dipicu tingginya pemakaian Internet untuk mengakses situs jejaring sosial dan chatting.

Syakieb Sungkar, Chief Sales Officer PT Indosat Tbk, mengatakan penggunaan layanan data di prediksi meningkat hingga 50% menjadi 28 tera per hari dari hari sebelumnya sekitar 14 tera per hari.

“Sekarang saja pada hari-hari terakhir puasa penggunaan layanan data sudah mencapai 18 tera per hari. Kapasitas layanan data kami mencapai 40 tera per hari sehingga dipastikan masih aman,” ujarnya di sela-sela launching Posko Mudik Indosat 2009 di Indramayu, belum lama ini.

Meningkatnya trafik data Indosat, tambahnya, sejauh ini belum menurunkan pasar layanan pesan singkat (SMS) yang penggunaannya diprediksi naik 30% menjadi 383 juta per hari pada H-3 hingga H+3 Lebaran dari hari biasa rata-rata 260 juta SMS per hari. Kapasitas pengiriman SMS Indosat saat ini mencapai 450 juta SMS per hari.

Adapun pada layanan suara kenaikan diprediksi terjadi sekitar 35% dari trafik pada hari biasa dengan total kapasitas jaringan bisa melayani hingga 600 juta menit okupansi jaringan.

Syakieb menambahkan jaringan Indosat saat ini sudah siap melayani pemudik dengan tingkat drop call di bawah 1% dari hasil uji jaringan yang telah beberapa kali dilakukan di seluruh rute mudik.

Mudik XL
Dari Cirebon dilaporkan PT Excelocmindo Pratama Tbk untuk pertama kalinya membuka posko mudik ‘XL Mangkal Mudik Rame’ pada musim Lebaran tahun ini dengan total 27 posko.

Nicanor V. Santiago, Direktur Pemasaran XL, mengatakan penyediaan 27 posko mudik tersebut tersebut di jalur mudik utama di Sumatra, Jawa, dan Bali dengan berbagai layanan gratis berupa fast facilities, fast refreshment, fast shopping, dan fast updated traffic info.

Adapun, fasilitas yang bisa dinikmati melalui layann XL Mangkal Mudik rame tak hanya sekedar tempat peristirahatan, tetapi juga mendapatkan informasi trafik jalur mudik, buka puasa gratis, fasilit pengisian baterai ponsel gratis, telepon umum gratis ke seluruh nomor XL, dan oleh-oleh.

0 komentar: