16 September 2009 Akses Internet via PJI diprediksi turun

Operator diminta tak upgrade jaringan

Oleh Fita Indah Maulani
Bisnis Indonesia

Jakarta: Akses Internet melalui jaringan penyelenggara jasa Internet (PJI) diperkirakan mengalami penurunan tajam selama liburan Lebaran.

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Roy Rahajasa Yamin mengatakan kepadatan penggunaan jaringan Internet pada saat mudik dan Lebaran terjadi di operator telekomunikasi.

“Perusahaan penyelenggara jasa Internet biasanya malah mengalami penurunan trafik karena banyak perusahaan libur dan orang mudik,” ujarnya kepada Bisnis kemarin.

Dia menjelaskan pengguna Internet pada saat ini beralih ke ponsel pintar, khusus untuk chatting dan mengases situs jejaring sosial. Pemakaian e-mail (surat elektronik) mengalami penurunan dibandingkan dengan hari biasa.

APJII hanya memastikan para penyelenggara jasa Internet tetap menyediakan layanan 24 jam kepada pelanggan baik melalui telepon maupun e-mail.

Menurut catatat Bisnis, di Indonesia terdapat lebih dari 200 penyelenggara jasa Internet (PJI) dan sekitar 100 PJI bermain pada segmen perusahaan.

Upgrade jaringan
Sementara itu, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) memminta operator telekomunikasi tidak melakukan peningkatan kapasitas jaringan selama masa mudik Lebaran karena dikhawatirkan membuat sistem down.

Heru Sutadi, anggota BRTI, mengatakan peningkatan kapasitas jaringan dan sentral seharusnya sudah dilakukan jauh hari sebelum dimulainya masa mudik, kecuali sudah ada optimasi.

“Operator sebaiknya juga tidak mengizinkan adanya perubahan pada software yang berisiko membuat sistem down, seperti pada jaringan atau server terkait langsung dengan layanan telekomunikasi,” ujarnya kemarin.

Hasil pemantauan regulator sementara di empat jalur, yaitu Jakarta-Cianjur-Garut, Jakarta-Cikapek-Cirebon, Jakarta-Merak, dan jalur baru Semarang-Yogyakarta-Solo menunjukkan keberhasilan melakukan panggilan telepon di atas 90%.

Pesan singkat (SMS) juga diterima dalam waktu kurang mencapai 100%. Regulator mengharapkan hasil ini terjadi hingga Lebaran mendatang, selama operator tidak melakukan upgrading jaringan atau sentral.

BRTI mempersilakan masyarakat menggunakan media telekomunikasi untuk bersilaturahmi, tetapi pengiriman SMS sebaiknya dilakukan secara bertahap. (fita.indah@bisnis.co.id)

0 komentar: