19 September 2009 Hasil Uji Jakarta-Surabaya Dan Pekanbaru-Medan

Jaringan Telkomsel Siap Layani Pemudik 2009

Surabaya, Investor Daily (17/09/2009) – Telkomsel memastikan siap melayani lonjakan trafik komunikasi pada Lebaran tahun ini, baik trafik komunikasi suara, SMS, maupun data. Kesiapan ini setelah melalui open drive test yang dilakukan melalui jalur kereta api Jakarta-Surabaya, dan jalur jalan raya antara Pekanbaru-Medan.

Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan, untuk Pulau Jawa, pihaknya sengaja memilih jalur kereta api, mengingat jalur tersebut banyak dilalui para pemudik. Selain itu, pengecekan jaringan di jalur darat antara Jakarta-Surabaya, baik Pantura (jalur utara) maupun selatan sudah umum.

“Pada jalur darat biasanya operator sudah siap, karena memang sudah ramai dilalui dan berpenghuni. Sedangkan jalur kereta api umumnya melalui jalur sepi penduduk dan hutan belentara. Oleh karena itu, kami coba tes jaringan di jalur ini,” kata Sarwoto di Surabaya, Senin (14/9).

Sarwoto menjelaskan, jumlah pemudik yang menggunakan kereta api cukup besar. Dari jumlah pemudik tahun ini yang diperkirakan 16,2 juta orang, 3 juta orang diantaranya menggunakan kereta api. Alasan ini yang membuat Telkomsel menjadikan jalur kereta api sebagai sasaran uji coba demi memberikan layanan terbaik bagi pemudik.

Menurut dia, kebanyakan operator tidak tertarik mengembangkan jaringannya di sepanjang jalur kereta api secara penuh.Miring Operator lain lebih tertarik menguji kesiapan jaringan di jalur darat, yang selama ini dikembangkan. Sedangkan jalur kereta api tidak selalu melewati perumahan penduduk, melainkan melewati jalur hutan dan persawahan.

“Untuk jalur jalan raya, jaringan kami sudah sangat siap. Sekarang kami ingin membuktikan bahwa di tingkat weakness sekalipun, Telkomsel siap dan pelanggan tetap bisa melakukan komunikasi. Walaupun sinyal tidak penuh atau kategori lemah, pelanggan masih bisa berkomunikasi suara atau mengirim SMS,” ujar Sarwoto.

Untuk mengantisipasi arus mudik, lanjut Sarwoto, Telkomsel juga menyiapkan layanan video surveillance pada 15 titik yang diakses melalui ponsel 3G. Pelanggan yang sedang mudik bisa memonitor trafik kepadatan lalu lintas di 15 titik strategis jalur mudik, yakni di Bakaheuni, Merak, Ciawi, Cianjur, Sadang, Pasteur, Cileunyi, Nagrek, Cikopo, Kanci-Cirebon, Semarang, Porong, Waru-Surabaya, Ketapang, Gilimanuk dan Jembatan Suramadu.

“Pelanggan yang pakai ponsel 3G cukup menekan 9119 untuk pantau trafik mudik,” ujarnya.

Untuk periode mudik dan Lebaran tahun ini, jaringan Telkomsel didukung 29 ribu BTS, dimana 21 ribu BTS di antaranya melayani jalur mudik Sumatera-Jawa-Bali. Di samping itu, Telkomsel juga telah meningkatkan berbagai sisi elemen jaringannya secara cukup signifikan dibanding tahun 2008 lalu, seperti kapasitas VLR atau kemampuan handling pelanggan ditingkatkan menjadi 96 juta, kapasitas SMS menjadi 80 ribu SMS/detik, kapasitas layanan BlackBerry menjadi 80 Mbps (Megabit per second), serta jaringan 3G WCDMA dan HSDPA yang didukung 4 ribu Node B yang tersebar dari Sumatera hingga wilayah timur Indonesia.

Luncurkan SMS Infolantas 8080
Menyambut musim mudik Lebaran 2009, Telkomsel bersinergi dengan Polda Jatim meluncurkan layanan SMS InfoLantas 8080. Layanan ini sebagai sarana bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi dari Direktorat lalu lintas Polda Jatim dengan cepat, tepat, dan akurat, yang dapat diakses oleh pelanggan Telkomsel, kapan pun dan di mana pun.

Melalui SMS InfoLantas ini, masyarakat khususnya pelanggan Telkomsel dapat melakukan permintaan berbagai macam informasi mulai dari nomor kendaraan, info curanmor, info membuatan SIM keliling, info jadwal STNK dan BPKB, hingga informasi titik rawan kemacetan.

“Layanan ini sebuah sistem manajemen berbasis mobile yang dapat mengakomodasi informasi dan segala kegiatan pelayanan masyarakat yang disediakan oleh Polda Jatim,” kata GM Sales & Customer Service Regional Jatim Telkomsel Tavadi Rismayuda.

Untuk tahap awal ini masyarakat dapat mendapatkan informasi mengenai keabsahan nomor kendaraan bermotornya dengan cara ketik JATIM NOPOL KIRIM 8080.

“Ke depan, layanan informasi ini akan terus dikembangkan lagi agar masyarakat dapat menerima berbagai macam informasi lainnya yang dikeluarkan oleh Polda Jatim,” ujarnya. (zal/rz)

0 komentar: