01 September 2009 Indosat Sukses Luncurkan Satelit Palapa-D

Xichang, Investor Daily – PT Indosat Tbk berhasil meluncurkan satelit Palapa-D dari Xichang, Tiongkok, Senin (31/8). Peluncuran berlangsung pada pukul 17.28 waktu setempat atau 16.28 WIB dalam kondisi cuaca yang sangat mendukung sehingga proses peluncuran berjalan lancar.

“Peluncuran Satelit Palapa-D ini kami persembahkan bagi bangsa dan seluruh masyarakat Indonesia, sebagai wujud dan semangat menyatukan cinta kepada negeri melalui teknologi dan layanan telekomunikasi satelit, yang akan menjamin keterhubungan antar wilayah di seluruh Indonesia dan menghubungkan Indonesia ke berbagai penjuru dunia,” kata President Director & COE Indosat Harry Sasongko usai menyaksikan peluncuran di Xichang, Tiongkok, Senin (31/8).

Satelit Palapa-D diproduksi Thales Alenia Space France (TAS-F) yang ditunjuk Indosat sebagai mitra pengadaan. Dengan menggunakan platform TAS Spacebus 4000B3, Satelit Palapa-D digaransi beroperasi selama 15 tahun dan memiliki kapasitas lebih besar dibandingakn Palapa-C2, yaitu 40 transponder yang teridiri atas 24 standar C-Band, 11 extended C-Band serta 5 Ku-band. Jangkauannya mencakup Indonesia, negara-negara Asean, Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Australia.

“Satelit Palapa-D ini juga merupakan wujud komitmen kami dalam memberikan pelayanan terbaik dan berkesinambungan bagi pelanggan layanan satelit. Seperti halnya Satelit Palapa-C2, Satelit Palapa-D juga akan kami manfaatkan sebagai backbone untuk mendukung layanan Indosat lainnya seperti seluler, telepon tetap dan data tetap,” ujar Harry.

Segmen pelanggan yang memanfaatkan layanan ini antara lain broadcaster televisi/radio baik lokal, nasional dan internasional, penyedia jasa VSAT lainnya, ISP, dan korporasi sebagai pengguna langsung, serta Indosat Grup sendiri (seluler, fixed telecommunication, dan anak perusahaan). (rz)

0 komentar: