10 September 2009 IPTV gandeng broadcaster

Telkom paketkan IPTV dengan Speedy

Oleh Roni Yunianto
Bisnis Indonesia

Jakarta: Penyelenggara Internet protocol television (IPTV) akan bersinergi dengan lembaga penyiaran (broadcaster) dalam mengemas konten layanan baru tersebut.

Indra Utoyo, Direktur Teknologi Informasi dan Suplai PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk, menuturkan untuk mendukung IPTV, Telkom akan membuka peluang kerja sama dengan broadcaster.

“Konten-konten IPTV akan diperkaya dengan konten TV broadcaster dan ini terbuka untuk kerja sama dengan mereka yang telah siap dengan platform IPTV,” ujarnya kepada Bisnis baru-baru ini.

Indra menjelaskan layanan terbaru nantinya akan menyajikan konten edukasi dan hiburan (edutainment), video on demand, karaoke, dan lainnya.

“Kualitas layanan ini bisa dinikmati dengan baik melalui infrastruktur broadband di atas 2 megabit per second [Mbps],” jelasnya.

Dia mengatakan untuk dukungan perangkat, nantinya ada mitra vendor yang masuk dalam proses seleksi untuk penyediaan perangkat set-top-box.

“Kami akan upayakan penyerapan komponen lokal misalnya untuk software, kemasan hardware, atau service-nya,” jelas Indra.

Dalam Permenkominfo No. 30/2009 tentang IPTV, konsorsium harus terdiri dari perusahaan yang telah mengantongi izin yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan layanan IPTV seperti izin penyelenggaraan jaringan tetap lokal, izin penyelenggaraan jasa multimedia dan Internet, dan izin penyelenggaraan penyiaran berlanggan.

Salah satu konsorsium yang akan maju dan siap dengan jaringannya adalah Telkom dan PT Indonusa Telemedia (Telkom Vision) yang menjadwalkan penggelaran IPTV pada Oktober 2009.

Hal tersebut menyusul persiapan dan uji layanan yang dilakukan di sejumlah kota, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakara, dan Denpasar. Telkom memproyeksikan pada 2010 IPTV Telkom sudah komersial penuh.

Perusahaan itu juga telah mempersiapkan sistem dukungan operasional pelayanan, customer relationship management (CRM) hingga sistem penagihan (billing).

“Kami menguji penggelaran secara total sehingga saat peluncuran semua aspek sudah siap,” kata Indra.

Beda fitur
Gatot S. Dewa Broto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo), mengatakan sejauh ini Depkominfo mencatat baru konsorsium PT Telkom Depkominfo yang serius menggelar IPTV.

“Kemungkinan baru setelah Lebaran akan ada sejumlah pengajuan perusahaan yang berminat untuk menggelar IPTV,” ujarnya.

Selain Grup Telkom, operator lain seperti PT Indosat Tbk, Kabel Vision, BizNet, PT Excelcomindo Pratama Tbk, PT Bakrie Telecom Tbk, dan CBN telah mempersiapkan infrastruktur IPTV berupa kabel dan serat optik di sejumlah kota besar.

Eddy Kurnia, VP Public & Marketing Communication Telkom, mengatakan uji coba layanan IPTV Telkom akan memberi nilai tambahan berupa layanan TV interaktif yang dilewatkan melalui jaringan Speedy.

“IPTV melengkapi Speedy sebagai layanan triple play yaitu layanan suara, Internet dan video dengan satu koneksi kepada pelanggan,” ujar Eddy. (roni.yunianto@bisnis.co.id)

0 komentar: