09 September 2009 IPTV Mulai Go Live di Indonesia 2010

Achmad Rouzni Noor IIdetikinet

Jakarta – Komersialisasi layanan televisi berbasis protokol internet (IPTV) di Indonesia diperkirakan baru bisa berjalan mulai 2010 mendatang. Saat ini, persiapan yang dilakukan untuk go live baru sebatas uji coba (trial).
Trial perdana IPTV pun dilakukan Telkom dihadapan Menkominfo Mohammad Nuh beserta para pejabat Depkominfo dan seluruh stakeholder teknologi informasi telekomunikasi saat public expose Depkominfo, di gedung Depkominfo, Jakarta, Selasa petang (8/9/2009).

Dirut Telkom Rinaldi Firmansyah menjelaskan, dari sisi infrastruktur jaringan layanan IPTV bisa disiapkan dalam waktu dua bulan sembari meminta izin untuk uji laik operasi (ULO) kepada Depkominfo.

“Namun dari sisi komersialisasi kami baru bisa mulai awal tahun 2010 mendatang,” ujarnya kepada detikINET di sela trial usai public expose tersebut.

Menurut Rinaldi, infrastruktur IPTV yang sudah siap live ada di Jakarta. Jumlahnya sekitar satu juta titik layanan. Meski akan menggelar komersil awal 2010, namun Telkom belum menetapkan skema tarif layanan untuk calon pelanggan.

“Tunggu saja nanti, kami akan menyiapkan tarif yang menarik untuk layanan interaktif ini,” tandasnya.

Sebelumnya, Telkom pernah mengungkap akan mulai menggelar IPTV di lima kota. Selain Jakarta, kota lainnya adalah Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Dalam menggelar layanan ini Telkom mengganden PCCW sebagai penyedia perangkat. Sebagai penyedia konten nantinya anak usaha Telkom sendiri, Telkomvision.

Dana sebesar Rp1 triliun disiapkan oleh Telkom untuk mengembangkan jaringan telepon kabelnya guna menunjang layanan IPTV. Angka tersebut di luar pengembangan konten yang menelan biaya sekitar US$10 hingga 15 juta.

Besaran dana tersebut, tandas Rinaldi, dialokasikan dari belanja modal perseroan tahun ini yang dianggarkan sebesar US$2,5 miliar. (rou/rou)

0 komentar: