08 September 2009 Jaringan Telkomsel normal kembali

Tasikmalaya, Bisnis Indonesia (07/09/2009) – Jaringan komunikasi milik PT Telkomsel kembali berfungsi normal pascagempa bumi yang melanda wilayah Jawa Barat bagian selatan.

Direktur Utama PT Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan sejak hari pertama bencana pihaknya sudah melakukan berbagai tindakan percepatan pemulihan untuk meminimalisasi dampak bencana.

Selain itu, lanjutnya, Telkomsel juga melakukan optimalisasi sistem sesuai dengan jenis gangguan dan tahapan penanganan sesuai dengan prosedur penanggulangan jaringan selama bencana.

Dia menjelaskan berdasarkan hasil pemantauan mengindikasikan jaringan Telkomsel tetap berfungsi normal, baik untuk berkomunikasi di dalam maupun ke luar jaringan Telkomsel.

“Secara keseluruhan sebanyak 2.101 menara BTS yang beroperasi di Jawa Barat relatif tidak mengalami gangguan berarti bagi kenyamanan komunikasi pelanggan,” katanya di sela-sela penyerahan bantuan di lokasi bencana pekan lalu.

Menurut dia, bencana gempa bumi berkekuatan 7,3 skala Richter yang melanda Tasikmalaya dan sebagian wilayah Jabar pada 2 September lalu telah mengakibatkan terjadinya lonjakan trafik komunikasi sesaat yang sangat tinggi.

Telkomsel mencatat terjadi kenaikan trafik pesan singkat SMS (short messages service) sebesar 191% sekitar pukul 15.000 dibandingkan dengan hari normal pada jam yang sama. Di mana SMSC (short message service center) sukses mengirimkan pesan dengan baik termasuk layanan SMS Early Warning Gempa BMG.

“Hingga hari ke-4 pascagempa bumi, optimalisasi layanana tercapai berkat upaya berkesinambungan yang dilakukan Telkomsel dalam mengamankan kinerja BTS yang beroperasi normal,” jelasnya. (K38)

0 komentar: