02 September 2009 Komunikasi Seluler

Operator di Jabar Siap Hadapi Masa Lebaran

Bandung, Kompas – Operator seluler di Jawa Barat siap menghadapi lonjakan percakapan telepon dan pengiriman pesan singkat (SMS) selama masa Lebaran. Persiapan dilakukan dengan peningkatan kapasitas layanan komunikasi seluler.

Manager Optimisasi PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) Anton Perwira Putra, Selasa (1/9) di Bandung, mengatakan, jumlah percakapan di luar masa Lebaran sekitar 30 juta panggilan per hari. Jumlah itu diperkirakan naik hingga 20 persen mulai H+3 hingga H+2.

Pada waktu yang sama, pengiriman SMS sekitar 16,25 juta pesan per hari diprediksi meningkat hingga 50 persen. Menurut Anton, upaya mengatasi lonjakan komunikasi dilakukan dengan meningkatkan kapasitas percakapan dan pengiriman SMS pada base transceiver station (BTS).

Kapasitas BTS XL di sembilan daerah ditingkatkan, seperti di Cirebon, Purwakarta, Tasikmalaya, Indramayu, dan Subang. Di Jabar saat ini terdapat sekitar 1.400 BTS XL. Pada puncaknya, komunikasi seluler XL diperkirakan baru mencapai 70 persen dari kapasitas maksimal BTS.

General Manager Commerce Flexi Jabar-Banten Muhammad Mu’af mengatakan, pelanggan Flexi di Jabar sekitar 1,3 juta orang dan diperkirakan 420.000 orang di antaranya melakukan combo atau mengganti nomor telepon sementara karena pergi ke wilayah lain pada masa lebaran.

Lebih dari 500.000 nomor combo telah disiapkan. Combo diperkirakan ramai dilakukan mulai H-6 hingga H+7. kebanyakan pelanggan yang mudik itu, lebih kurang 140.000 orang, pergi dari Bandung ke Cirebon. Daerah lain yang banyak dituju adalah Tasikmalaya, Garut, dan Ciamis.

80 persen kapasitas
Deputi Executive General
Manager Flexi Judi Achmadi mengatakan, terdapat 13,7 juta pelanggan Flexi di Indonesia. Diperkirakan 30-40 persen dari jumlah itu melakukan combo. Sebagian besar daerah tujuan pelanggan ialah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Sejumlah pelanggan lain mudik ke Sumatera. Namun, jumlahnya tak sampai 10 persen. Combo bisa dilakukan di daerah tujuan,” kata Judi. Arus komunikasi pada masa Lebaran diprediksi baru menyentuh 80 persen dari kapasitas layanan panggilan dari SMS Flexi. (BAY)

0 komentar: