16 September 2009 Layanan Bernilai Tambah

Menghindari Macet? Pantau Lewat Video Surveillance

Kontan – Tidak hanya memasang tarif murah atau meningkatkan jaringan, para operator juga menebarkan layanan bernilai tambah alias value added service (VAS). Salah satu layanan tersebut adalah video streaming di jalur mudik.

Jika selama ini para pemudik mengandalkan siaran radio untuk mengetahui keadaaan lalu lintas, sejak tahun lalu Telkomsel sudah memiliki layanan streaming. Fitur yang juga disebut sebagai video surveillance tersebut dapat diakses melalui ponsel berfasilitas 3G dengan fasilitas panggilan video (video call).

Caranya, pelanggan tinggal menghubungi nomor 9119. “Pelanggan akan diberi pilihan untuk memonitor trafik lalu lintas di 15 titik strategis mudik,” ujar Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno. Titik macet itu adalah Bakauheni, Merak, Ciawi, Cianjur, Sadang, Pasteur, Cileunyi, Nagrek, Cikopo, Kanci, Cirebon, Semarang, Porong, Waru-Surabaya, Ketapang, Gilimanuk, serta jembatan Suramadu.

Jika Telkomsel langsung memberikan akses langsung video surveillance, Indosat membungkus dalam layanan i-go. Dalam menu tersebut, pelanggan Indosat bisa berlangganan info trafik. “Info tersebut juga berupa video, namun tidak hanya pemilik ponsel 3G yang bisa, para pemilik ponsel 2G juga,” terang Teguh Prasetya Mulya, Group Head Brand Marketing Indosat. Tentu saja, agar bisa menggunakannya pelanggan perlu registrasi khusus dengan membayar pulsa. Tapi untuk pelanggan 2G, layanan itu bukan berbentuk video sreaming, tapi berupa gambar kondisi terakhir di suatu lokasi mudik.

Bagaimana animo pelanggan? Menurut calon pemudik asal Yogyakarta, Titik Budinuryani, ia mengandalkan video streaming hanya di lokasi yang memang jaringan 3G-nya cukup kuat, seperti di daerah Cirebon. “Kalau kami lewat jalur alternatif, sinyal 3G, kan, kadang suka angin-anginan,” katanya. Daripada boros pulsa untuk mengakses streaming, ia memilih memantau kemacetan lewat siaran radio atau istiratah di posko mudik yang disediakan operator. “Saya juga menggunakan GPS agar tidak tersesat di jalan alternatif,” tegasnya.

Sejatinya, video surveillance tak hanya berguna saat Lebaran. Sehari-hari para operator sudah memberikan fasilitas ini untuk para palanggan. Pelanggan Excelcomindo Pratama (XL) misalnya, bisa memantau kemacetan di jalan tol dalam kota Jakarta dan beberapa pintu tol. Itu merupakan hasil kerjasama antara XL dengan Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP).

Nah, semoga Anda terhindar dari macet saat mudik dengan video surveillance. Siapa tahu Anda juga bisa manfaatkan lagi layanan tersebut ketika kembali lagi ke Jakarta yang full macet. Dian Pitaloka, Ahmad Febrian

0 komentar: