08 September 2009 Menkominfo Mohammad Nuh

Lebaran, Trafik Komunikasi Naik 4 Kali Lipat

Surabaya, Investor Daily (07/09/2009) – Trafik komunikasi pada Lebaran tahun ini bisa naik empat kali lipat dari hari normal. Oleh karena itu, operator telekomunikasi diminta memperluas jangkauannya meningkatkan kapasitasnya.

Demikian dikatakan Menkominfo Mohammad Nuh setelah berbicara dalam acara Ramadhan di Kampus (RDK) dan Grand Opening Mentoring (GOM) tahap pertama di Graha ITS Surabaya, Minggu (6/9).

“Saya sudah minta operator seluler untuk mempersiapakan extra capacity, karena trafik orang berkomunikasi akan naik 3-4 kali lipat dibanding hari-hari normal,” kata Nuh.

Menkominfo mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan trafik itu, operator diharapkan menyiapkan base transceiver station (BTS) bergerak pada kawasan yang blank, seperti daerah-daerah yang belum terjangkau dengan baik oleh menara atau BTS milik operator.

“Meski demikian, saya minta para operator melakukan persiapan extra capacity sejak H-7 hingga H+7 dengan peningkatan secara bertahap sejak H-7. Persiapan extra capacity itu penting supaya tidak terjadi kemacetan dalam berkomunikasi,” kata Menkominfo. (ant)

0 komentar: