24 September 2009 Operator FWA tambah nomor

Oleh Fita Indah Maulani
Bisnis Indonesia

Jakarta (18/09/2009): Operator telekomunikasi dengan mobilitas terbatas mempersiapkan nomor fixed wireless access (FWA) antarkota tambahan untuk membantu pelanggannya yang akan melakukan mudik Lebaran.

Telkom misalnya, telah mempersiapkan 3,27 juta nomor Flexi Combo selama masa Lebaran. Adapun Bakrie Telecom mempersiapkan 1,7 juta nomor EsiaGoGo.

Direktur Network and Solutions Telkom Ermady Dahlan mengatakan pada setiap momen istimewa, kesiapan infrastruktur senantiasa menjadi hal yang penting.

“Aktivitas nomor Combo meningkat sejak H-4 Lebaran dan mencapai puncaknya pada saat Lebaran. Berdasarkan perkiraan jumlah pelanggan dan statistik liburan Juni 2009, diperkirakan aktivasi akan naik sebesar 60,59%,” ujarnya kemarin.

Apabila dibandingkan dengan jumlah nomor Combo yang dipersiapkan pada musim Lebaran 2008, nomor Combo untuk kebutuhan Idulfitri 1430 H naik 42%.

Ermady menegaskan Telkom memperkirakan layanan Flexi Combo yang saat ini sudah tergelar di lebih dari 324 kota di Indonesia akan meningkat tajam, khususnya di daerah-daerah tujuan mudik.

Tambahan nomor ini akan dialokasikan ke divisi regional (divre) Telkom berdasarkan prediksi trafiknya. Divre V Jawa Timur mendapatkan 913.100 nomor, Divre IV Jawa Tengah-DIY sebanyak 649.700 nomor, dan Divre III Jawa Barat-Banten sebenyak 502.200 nomor.

Esia dan StarOne
Selain Flexi, Esia juga mempersiapkan 1,7 juta nomor Esia GoGo untuk menghadapi lonjakan mudik pelanggan Esia pada musim Lebaran 2009, seiring dengan peningkatan kapastias jaringan Esia sebesar dua kali lipat baik SMS maupun suara.

“Kami persiapkan secara khusus Esia GoGo tahun ini karena jumlah kota yang dilayani telah bertambah menjadi 73 kota. Kebanyakan juga sudah menjangkau kota-kota kecil tujuan mudik seperti Cilacap, Brebes, Klaten, Wonogiri, Binjai, Siantar, Batusangkat, dan Bukittinggi di Sumatera,” ujar Rakhmat Junaidi, Direktur Corporate Services PT Bakrie Telecom Tbk.

Indosat juga mempersiapkan layanan FWA-nya untuk pemudik, melalui StarOne Duo. StarOne Duo merupakan sinergi layanan StarOne dengan Mentari di mana Mentari digunakan sebagai virtual roaming, dan untuk StarOne menggunakan fitur call forwarding.

Tarif untuk call forwarding adalah Rp50 per 30 detik yang membuat pelanggan StarOne bisa menggunakan nomornya di manapun berada. (ARIF PITOYO)

0 komentar: