24 September 2009 Pelanggan Telkomsel Flash Bisa Kontrol Pemakaian

Jakarta, Investor Daily (18/09/2009) – Telkomsel kembali menghadirkan layanan nilai tambah mobile broadband-nya dengan meluncurkan layanan info real time penggunaan Telkomsel Flash Unlimited melalui SMS bebas biaya. Dengan adanya layanan ini, pelanggan Telkomsel Flash Unlimited akan mudah memonitor sekaligus mengontrol jumlah pemakaiannya.

Peluncuran layanan ini merupakan bagian dari rangkaian upaya Telkomsel dalam menghadirkan layanan mobile broadband terbaik bagi masyarakat,” kata Manager Data and Broadband Service Telkomsel Arief Prasetya di Jakarta, Rabu (16/9).

Sebelumnya, lanjut Arief, Telkomsel juga telah mendapatkan tambahan frekuensi 3G sebesar 5Ghz dari pemerintah. Ini membuat Telkomsel akan lebih fleksibel dalam mengembangkan layanan data berkecepatan lebih tinggi berbasis HSDPA, dengan kapasitas lebih besar dan kualitas lebih baik.

“Tambahan frekuensi 3G tambahan itu dapat dialokasikan untuk layanan data secara khusus dan mendukung untuk melanjutkan roadmap ke teknologi HSPA dan HSPA+. Dengan HSPA+ kemampuan akses downlink data bisa mencapai 40 Mbps,” ujar Arief.

Di samping itu, lanjut Arief, dalam rangka menghadirkan layanan mobile broadband berkualitas secara merata bagi masyarakat luas, mulai 1 September 2009 Telkomsel juga telah memberlakukan sistem fair usage atau pemakaian wajar baru.

Untuk Paket Basic, pelanggan dapat menikmati 500 MB dengan kecepatan maksimum 256 kbps dan Paket Advance 1GB kecepatan maksimum 512 Kbps, serta paket Pro kecepatan makismum 3,6 Mbps untuk 2 GB. Bila penggunaan melebihi kuota, pelanggan tetap tidak dikenakan biaya tambahan. Hanya saja, secara otomatis kecepatan turun menjadi internet biasa (paket Pro menjadi 128 Kbps dan Paket Basic serta Advace mendai 64 Kbps).

Pemberlakukan ini, kata Arief, didasarkan pada data perilaku pengguna Telkomsel Flash. Yakni, rata-rata menggunakan data 500 MB per bulan. “Sebenarnya data sebesar 500 MB sudah cukup untuk penggunaan normal pelanggan, baik untuk keperluan browsing, chatting maupun downloading secara terpisah," kata dia.

Jika kuota sebesar 500 MB tetap kurang, Tlekomsel juga menyediakan Paket Advance dan pro dengan Fair Use 1 GB dan 2 GB. Pelanggan dapat memilih sesuai pola pemakaiannya.

Dengan memberlakukan fair usage baru dan tambahan frekuensi 3G, kata Arief, pihaknya berharap dapat melayani lebih banyak pelanggan internet broadband dengan menghadirkan layanan mobile broadband berkualitas. Kini pengguna Telkomsel Flash mencapai 1,2 juta atau meningkat 500% di banding posisi akhir 2008. Telkomsel bahkan telah menghadirkan bandwidth dengan kapastias yang mampu melayani tiga juta pelanggan Flash hingga akhir tahun. (rz)

0 komentar: