30 September 2009 RIM jaring tujuh importir

Oleh Roni Yunianto
Bisnis Indonesia

Jakarta(29/09/2009): Research in Motion memasok smartphone BlackBerry Curve 8520 ke tujuh importir yang akan membidik pasar segmen pemula dengan harga terjangkau.

Dalam siaran pers RIM kemarin, vendor BlackBerry itu menyatakan saat ini sudah ada tujuh importir dan distributor dari Indonesia yang resmi memasarkan seri Curve 8520.

“Kami merespons positif permintaan produk dan service BlackBerry dari Indonesia,” ujarnya melalui pernyataan resmi yang diterima Bisnis, baru-baru ini.

Tujuh importir dan distributor resmi tersebut adalah PT Indosat Tbk, PT Telkomsel, PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL), PT Natrindo Telepon Seluler (Axis), PT Indosat Mega Media (IM2), PT Malifax Indonesia, dan PT Erajaya Swasembada.

Menurut informasi yang dihimpun Bisnis, kalangan operator telekomunikasi rata-rata mengalokasikan impor sebesar 20.000 unit seri Curve 8520.

Guntur S. Siboro, Chief of Marketing PT Indosat, menuturkan seri Curve 8520 yang populer dengan nama Gemini dipasarkan dengan harga lebih terjangkau untuk mengisi fenomena semakin tingginya permintaan dari masyarakat terhadap layanan itu.

“Kami telah membuka pemesanan atau preorder [dengan harga khusus Rp3,4 juta] hingga 24 Oktober 2009 melalui layanan BlackBerry Mail & Chatting tarif bulanan dan BlackBerry On Demand tarif harian,” jelasnya.

Minat konsumen terhadap seri yang semula direncanakan hadir sebelum Lebaran itu tinggi. XL, misalnya, sejak membuka pemesanan 24 September 2009 melalui situs web www.nyambungterus.com, pemesanan Gemini telah mencapai kuota untuk 1.000 pemesan hanya dalam waktu kurang dari 3 hari, sehingga ditingkatkan menjadi 2.000 unit.

BlackBerry XL
Djunaedy Hermawanto, Vice President Direct Sales PT Excelcomindo mengatakan antusiasme masyarakat tinggi. “Saat ini kami [mengklaim] memiliki jumlah pelanggan BlackBerry terbesar di Indonesia dengan lebih dari 160.000 pelanggan,” ujarnya.

XL, tuturnya, secara berkala meningkatkan kapasitas bandwidth yang kini mencapai 90 Mbps. Operator itu juga bekerja sama dengan Bank Mandiri dan perusahaan asuransi Expro yang menjamin kerusakan hingga kehilangan peranti tersebut.

BlackBerry Curve 8520 merupakan ponsel cerdas terbaru yang diklaim berukuran paling tipis dengan fitur terbaru trackpad untuk navigasi menu, tombol untuk navigasi media musik dan video, serta tampilan layar QVGA.

Peranti berkamera 2 megapiksel itu didukung fitur papan ketik Qwerty, slot memori microSD dengan kapasitas maksimum kartu memori 16 GB, quad band GMS/GPRS/EDGE, dengan konektivitas Wi-Fi, dan Bluetooth 2.0.

Pengguna BlackBerry umumnya menggunakan layanan seperti terima dan kirim e-mail, chatting melalui BlackBerry Messenger, Yahoo! Messenger, Google Talk, dan lainnya, termasuk untuk melakukan koneksi ke situs jejaring sosial Facebook, MySpace, dan sebagainya serta mempermudah browsing Internet dengan paket harga terjangkau dari operator.

0 komentar: