24 September 2009 Selama Lebaran 2009

Jaringan Telekomunikasi Sukses Layani Pelanggan

Oleh Encep Saepudin

Jakarta, Investor Daily – Jaringan telekomunikasi seluler aman dan sukses melayani lonjakan trafik pada Lebaran 2009. Pengguna layanan komunikasi data untuk mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri” terbukti mengalami peningkatan pesat. Meski demikian, layanan komunikasi suara (voice) dan pesan singkat (SMS) masih tetap favorit pada Lebaran ini.

Demikian rangkuman pendapat yang dihimpun dari Manager Public Relation PT Excelcomindo Pratama Tbk (EP) Febriati Nadira, Group Head Corporate Communication Manager PT Indosat Adita Irawati, dan Corporate Communication Manager PT Telkomsel Suryo Hadianto di Jakarta, Selasa (22/09).

Febiati Nadira yang akrab disapa Ira mengatakan, trafik layanan komunikasi data XL mengalami lonjakan tinggi mulai H-2 sebesar 2,7 terabit (TB). Padahal, trafik layanan data pada lebaran tahun lalu pada hari yang sama hanya 0,65 TB. “Ini berarti ada lonjakan hingga 315%.” Kata Ira.

Lonjakan pesat pada layanan data juga terjadi pada H-1 yang dibandingkan Lebaran tahun sebelumnya, dari 0,66 menjadi 2,66 TB (naik 303%). Sedangkan pada hari H-nya, trafiknya naik hingga 328%, dari 0,57 menjadi 2,44 TB. Meski demikian, lanjut Ira, secara keseluruhan, operator XL bisa mengamankan jaringannya demi kenyamanan pelanggan dalam berlisaturahmi dengan teman, kerabat, dan sanak saudara di hari raya ini.

“Secara umum, jaringan XL aman dan sukses melayani pelanggan pada hari raya tahun ini,” kata Ira.

Begitu pula dengan trafik percakapan dan SMS yang mulai merangkak naik pada H-2 atau Jumat (18/9). Berikut perbandingan trafik layanan komunikasi suara pada Lebaran 2008 dan 2009, yaitu 402 juta menit menjadi 600 juta menit atau naik 50%. Sedangkan jumlah panggilan pada lebaran tahun lalu mencapai 780 juta call, sementara tahun ini menjadi 800 juta call atau naik 2,5%.

Untuk H-1, jumlah percakapan sebanyak 440 juta menit pada Lebaran 2008, menjadi 610 juta menit pada Lebaran 2009 atau naik 39%. Sedangkan jumlah panggilannya tetap, yaitu 850 juta call.

Pada hari H, jumlah percakapannya naik 40%, yaitu dari 450 juta menit menjadi 613 juta menit. Dengan jumlah call dari 870 juta menjadi 925 juta atau naik 6%.

Untuk trafik SMS pada H-2 dibandingakn tahun sebelumnya, yaitu dari 60 juta menjadi 210 juta SMS atau naik 250%. Kemudian pada H-1 naik dari 100 juta menjadi 270 juta atau naik 170%. Sedangkan pada hari H, trafik tumbuh 140%, yaitu dari 100 juta menjadi 240 juta SMS.

“Secara nasional, rata-rata peningkatan trafik mencapai 44%. Dan, lonjakan trafiknya pindah dari Ibu Kota ke kota-kota di Jawa Tengah dan Yogyakarta,” kata Ira.

Trafik terpadat di Jawa Tengah mencapi 68%. Urutan kedua ditempati Yogyakarta sebesar 58%.

Sementara itu, Group Head Corporate Communications PT Indosat Adita Irawati mengatakan, trafik data nasional pada hari H+1 naik 2,2% menjadi 16,8 TB dibandingkan trafik data pada hari biasa di pertengahan Agustus 2009. Kenaikan tertinggi terjadi di Sumatera Selatan (31%), Jawa Timur (18,1%), dan Jawa Barat (17,4%).

“Keberhasilan akses data pelanggan Indosat lebih dari 99%, yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam koneksi data di jaringan Indosat,” kata Adita.

Sementara lalu lintas layanan SMS nasional pada hari H+1 meningkat menjadi sekitar 266,9 juta. Ini menandakan kenaikan 3,2% dibandingkan trafik SMS pada hari biasa di pertengahan Agustus 2009.

Keberhasilan kirim SMS antarppelangan Indosat mencapai lebih dari 94%, yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal pada jaringan Indosat. Sedangkan pengiriman ke antaroperator mencapai sekitar 90%. Kenaikan tertinggi terjadi di wilayah Jateng (21,28%), Jatim (18,48), dan Jabar (11,74%).

Untuk lalu lintas percakapan nasional pada H+1 justru mengalami penurunan sebesar 22,2% dari hari biasa, yaitu sekitar 2,91 juta Erlang atau sama dengan 174,7 juta menit okupansi.

Sementara itu, operator terbesar di Indonesia, Telkomsel, menurut Suryo Hadianto, komunikasi percakapan pada hari H mencapai 953 juta menit. Jumlah ini mengalami peningkatan 100 juta menit dibandingkan trafik normal.

0 komentar: