28 September 2009 Selama Liburan Terjadi Aktivasi 500.000 Nomor Flexi Combo

Bandung, Pikiran Rakyat – Sepanjang musim libur Lebaran sedikitnya terjadi aktivasi 500.000 nomor Flexi Combo ke wilayah Jawa Barat (Jabar) dan Banten atau naik 174,03% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Seperti diperkirakan, puncak aktivasi Combo terjadi pada H-1 sampai H+1.

“Mayoritas aktivasi dilakukan pelanggan Jakarta dan Jateng yang memasuki wilayah Jabar Banten. Banyak juga pelanggan Jabar Banten yang melakukan aktivasi combo lokal antarkota,” ujar Henhen Suhendi, Manajer Sales and Promo Flexi Jabar Banten dihubungi “PR”, akhir pekan lalu.

Tingginya peningkatan aktivasi tahun ini, menurut Henhen, salah satunya dimungkinkan karena peningkatan jumlah pelanggan yang cukup besar. Secara nasional tahun ini pelanggan Flexi tumbuh hingga satu juta nomor dibandingkan posisi akhir tahun lalu. Pada periode yang sama pelanggan Jabar Banten naik hingga 280 juta nomor.

Untuk mengantisipasi lonjakan traffic Lebaran tahun ini, secara nasional PT Telkom Tbk telah menyiapkan 4,11 juta-5,48 juta nomor sebagai dummy Flexi Combo. Jumlah itu mencapai 30%-40% dari total pelanggan Flexi nasional, 13,7 juta nomor.

“Tahun ini tidak ada kendala berarti pada pelayanan Flexi. Kami bisa mengantisipasi semua lonjakan traffic, baik combo, SMS, suara, maupun data. Perisapan kami terhitung matang dan telah teruji pada gempa, 2 September lalu. Saat itu pun jaringan kami tidak mengalami gangguan berarti. Bisa dibilang tahun ini kami sukses melayani pelanggan,” ujar Henhen.

Tahun ini peningkatan traffic layanan suara Flexi di wilayah Jabar Banten naik hingga 28% dibandingkan dengan hari normal. Pada puncaknya, H-1 dan hari Lebaran, rata-rata percakapan Flexi menembus angka 2,48 juta menit per hari.

Peningkatan serupa juga terjadi pada layanan SMS yang selama libur Lebaran traffic-nya naik hingga 61,73%. Pada kondisi normal, traffic SMS Flexi di wilayah Jabar dan Banten mencapai 1,85 juta unit per hari.

Berbeda dengan tahun lalu, traffic Flexi pada Lebaran kali ini diwarnai pertumbuhan baru pada layanan data. Selama libur Lebaran ini tercatat pertumbuhan traffic data yang signifikan, mencapai 740% dibandingkan dengan posisi Juni. (A-150)***

0 komentar: