16 September 2009 Semoga Komunikasi Tetap Nyaman Selama Lebaran

Melongok kesiapan jaringan operator menghadapi lonjakan trafik komunikasi

Dian Pitaloka Saraswati, Ahmad Febrian

Kontan – Suasana Lebaran sudah terasa, aroma silaturahmi mulai pekat menggantung di atmosfer. Dahulu masyarakat menantik kiriman kartu ucapan Lebaran sebagai penyambung silaturahmi. Tapi, kini, tulang punggung bertegur sapa itu adalah telepon seluler.

Bagi operator, ini adalah saat puncak kerja keras. Mereka tentu tak ingin para pelanggan kehilangan jaringan (jamming), pengiriman SM tertunda (delay), atau mengalaimi gagal koneksi (dropped call). Para operator pun meningkatakan kapasitas jaringan mereka, terutama di kantong-kantong pemudik.

Telkomsel memperkirakan tahun ini durasi komunikasi suara akan mencapai 1,3 miliar – 1,7 miliar menti. Angka ini naik dibanding musim Lebaran tahun lalu yang baru mencapai 1,1 miliar menit. Sementara trafik SMS tahun ini diperkirakan antara 600 juta – 750 juta SMS, melonjak dibanding tahun lalu sebesar 545 juta SMS.

“Untuk mengantisipasi lonjakan itu kami meningkatkan kapasitas handling pelanggan menjadi 96 juta dan kapasitas SMS menjadi 80.000 SMS/detik,” jelas Direktur Utama Telkmsel Sarwoto Atmosutarno. Asal tahu saja, kini pelanggan Telkomsel sekitar 78 juta dan trafik SMS di hari normal sekitar 360 juta SMS per hari.

Telkomsel juga menaikkan kapasitas layanan BlackBerry dari 10 megabytes per second (mbps) tahun lalu menjadi 80 mbps pada musim Lebaran kali ini. Sedangkan untuk kenyamanan mobile broadband, Telkomsel menyiapkan 4.000 node B (BTS 3G) dengan bandwidth 6 giga byte per second (gbps).

Memperluas jangkauan
Sedangkan Indosat memprediksi akan terjadi kenaikan trafik suara hingga 35% dan untuk SMS naik sekitar 30%. Maka, operator seluler terbesar kedua di Indonesia ini mempersiapkan kapasitas voice dua kali lipat dibanding hari biasa. Untuk SMS, kapasitasnya ditingkatkan dari 200 juta SMS sehari menjadi 400 juta SMS per hari. Kapasitas data juga melonjak dari 12 terabyte sehari menjadi 40 terabyte per hari. “Semua itu untuk menjamin kenyamanan para pelanggan dalam menikmati layanan Indosat,” ucap Harry Sasongko, Presiden Direktur dan CEO Indosat. Sebagai tulang punggung jaringan, hingga semester pertama 2009 Indosat menancapkan 15.428 BTS.

Excelcomindo Pratama (XL) juga mempersiapkan jaringan secara maksimal. XL yang menggenggam 24,9 juta pelaggan dan sehari-hari melayani 635 juta panggilan berdurasi total 560 juta menit, 150 juta SMS per hari, dan lalu lintas data 1,45 terabyte.

Saat Hari Raya, kapasitas suara XL meningkat dua kali lipat sehingga sanggup meladeni trafik percakapan hingga 1,1 miliar panggilan. Kapasitas juga SMS menjadi 220 juta SMS per hari. “Kami konsentrasikan ke voice karena setelah tarif Rp1 sejak 2 tahun lalu, pengguna XL lebih suka menelepon,” kata Febriati Nadira, Manajer Komunikasi XL.

Operator pendatang baru, AXIS memfokuskan diri pada perluasan jangkauan dengan cara menambah BTS. “Kami telah memperluas coverage lebih dari 60% dibandingkan tahun lalu,” jelas Chief Technology Office AXIS Mohammed Muslim Khan.

Bagaimana dengan operator FWA CDMA? Nampaknya operator yang jangkauannya terbatas ini tenang-tenang saja. “Bukan begitu, kami juga meningkatkan kapasitas. Kami cukup percaya diri dengan kemampuan kapasitas kami selama ini,” kata seorang petinggi operator CDMA.

Selamat mudik dan Lebaran.

0 komentar: