15 September 2009 Telkom Bangun 41 Titik Metro Ethernet

Surabaya, Investor Daily – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) meluncurkan produk layanan data berkecepatan tinggi “TelkomLink Metro Ethernet”, untuk membidik pelanggan bisnis di Jawa Timur.

Produk ini ditawarkan dalam 3 jenis layanan yaitu Metrolink, Metro-inet (Metro Broadband Internet Access), dan Metro-IDC (Metro Internet Data Center).

“Kami sudah membangun 41 titik ‘Metro Ethernet’ yang berlokasi di gedung-gedung utama Surabaya serta 120 lokasi kantor Telkom di Jatim, untuk melayani pelanggan bisnis,” kata General Manager Unit Enterpirce Telkom Area V, Suhendy Permana di Surabaya, akhir pekan lalu.

Sampai akhir 2009, Suhendy menargetkan bisa mendapatkan permintaan sampai 1 Gbps (giga byte per second) dari 41 titik yang telah tersambung tersebut.

“Bahkan, kami akan berikan potongan hingga 99% untuk biaya langganan di bulan pertama, jika ada konsumen yang melakukan perjanjian kerja sama pada September ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, TelkomLink Metro Ethernet akan memberi kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan layanan data “network solution” berkapasitas tinggi yang berbasis IP/Ethernet.

Dengan kemampuan pengiriman data yang tidak terbatas, layanan terbaru ini akan memberikan fleksibilitas dan efektivitas serta kualitas jaringan kepada pelanggan.

“Dalam hal kualitas jaringan, kami berani memberi jaminan, karena sudah banyak perusahaan atau BUMN besar yang memanfaatkannya,” kata Suhendy.

Lebih lanjut Suhendy mengatakan, kehadiran Telkom Link Metro Ethernet memudahkan pelanggan untuk mendapatkan layanan data network solution berkapasitas tinggi, yang berbasis IP/Ethernet.

Selain itu, adanya kemampuan pengiriman data yang tak terbatas, memberikan fleksibilitas dan efektivitas serta QoS (Quality of Service) bagi pelanggan. Telkom juga telah menyiapkan after sales service mulai dari sisi Abailability, Mean Time To Install (MTTI), Mean Time To Reponse (MTTRes), Mean Time To Repair (MTTRep), Latency, Jitter, Packet Loss, dan Delay Time sesuai dengan Class of Service (CoS) layanan yang akan digunakan pelanggan nantinya.

Suhendy yakin, produk ini bisa diterima di pasar karena harganya yang terjangkau. Saat ini sudah 20 perusahaan telah menjadi pelanggan Metro Ethernet ini. Targetnya hingga akhir tahun bisa melayani sekitar 100 perusahaan dari 1.500 perusahaan korporasi Telkom. Tidak sedikit pelanggan korporasi yang beralih menggunakan layanan Metro Ethernet, karena lebih mudah dan cepat khususnya untuk perusahaan broadcaster, perusahaan jasa layanan data lain-lain.

“Kami punya dukungan infrastruktur terluas, sumber daya manuasia yang unggul dan teknologi yang kompetitif, sehingga kami sangat optimistis bisa segera direspons pasar di Jatim,” katanya. (zal)

0 komentar: