19 September 2009 Telkom Buka Tender Perangkat Akses Nirkabel Pita Lebar

Jakarta, Koran Jakarta (17/09/2009) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) akan menggelar tender pengadaan perangkat jaringan akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access/BWA) di spektrum 3,3, GHz awal Oktober 2009 ini.

“Kami harap Desember sudah selesai dan bisa langsung dikomersialisasikan,” ujar Direktur Network Solution Telkom Ermady Dahlan di Jakarta, Rabu (16/9).

Dijelaskannya, Telkom rencananya lebih dulu menggelar akses jaringan layanan Internet berbasis teknologi pita lebar itu di Jakarta. Setelah itu diikuti area lainnya di Indonesia.

Telkom memiliki lisensi 3,3 GHz di tujuh area pindahan dari 3,5 GHz. Selain spektrum itu, Telkom memenangi lisensi 2,3 GHz dengan lebar pita 30 MHz di lima area di Indonesia. Di 3,3 GHz, telkom memiliki 4000 port dengan delapan kanal dan lebar pita 12,5 MHz.

“Saat ini, sudah ada perusahaan lokal yang menyatakan ingin ikut tender perangkat tersebut, yakni TRG dan Hariff. Mereka mampu memenuhi 75 persen konten lokal dari sisi hardware dan software,” tandas Ermady.

Secara terpisah, anggota Komite Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Iwan Krisnandi menegaskan akan memonitor proses migrasi di spektrum 3,3 GHz yang dilakukan Telkom dan Indosat.

“Itu ada keputusan menterinya. Kita akan monitor prosesnya agar sesuai regulasi,” tegas dia.

Sementara itu, Div Head Core Product & Branding Smart Telecom Ruby Hermanto mengungkapkan sudah melakukan ekspansi layanan Internet berbasis teknologi EVDO Rev A di Bandung, Yogyakarta, Bali, dan Surabaya dengan kemampuan kecepatan maksimum download 3,1 Mbps dan upload 1,8 Mbps.

Untuk merasakan Internet cepat ini, Smart menyediakan beberapa alternatif pilihan produk untuk mendukung layanan data yang dapat digunakan pelanggan, yaitu paket notebook dengan ukuran yang kecil (layar 10.2 inci), ringan, dan sudah memiliki modem CDMA 1x EVDO Rev A di dalamnya, serta paket Smart USB modem CDMA2000 1x EVDO Rev A USB Modem keluaran ZTE. ■ dni/E-2

0 komentar: