30 September 2009 Telkom Indonesia Panen Pendapatan Selama Masa Lebaran 2009

Kontan - Bukan cuma operator seluler GSM yang panen di masa libur Lebaran. Operator seluler berbasis CDMA pun ikut merasakan manisnya Lebaran. Sebab, lalu lintas komunikasi operator naik tajam pada periode itu.

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengklaim mengalami lonjakan laulintas komunikasi 86% mulai dari satu hari menjelang Lebaran hingga Lebaran hari kedua. “Lonjakan lalu lintas untuk suara dan SMS sesuai prediksi kami terjadi pada H-1, hari H, dan H+1,” ujar Wakil President Komunikasi Publik dan Pemasaran Telkom, Eddy Kurnia, kemarin.

Flexi mencatat lonjakan lalu lintas SMS di H-1 hingga mencapai 87,13 juta atau naik 57% ketimbang periode yang sama tahun lalu. Sedangkan pada hari pertama Lebaran lalu lintas SMS mencapai 97,07% juta atau naik 71%. Di hari kedua Lebaran, lalu lintas SMS tercatat sebesar 66,73 juta SMS, aik 41% dari Lebaran 2008.

Dengan biaya SMS pelanggan prabayar ke sesama nomor Flexi Rp100 dan ke operator lain Rp165, Telkom Flexi itu meraup pendapatan sekitar Rp25,09 miliar dalam tiga hari.

Telkom juga mengalokasikan lebih dari 3,5 juta nomor pengganti untuk keperluan migrasi pelanggannya yang bepergian keluar kota lewat program Flexi Combo. Hasilnya, dari H-5 hingga H+5 tercatat terjadi rata-rata 250.000 aktivasi Combo per hari. Tapi, Eddy enggan menyebutkan besaran peningkatan pendapatan yang didapat dari lonjakan tersebut.

Sementara PT Bakrie Telecom Tbk, operator layanan seluler Esia, mengalokasikan 1,7 juta nomor pengganti. Layanan migrasi nomor Esia yang disebut Esia GoGo itu paling banyak diakses di wilayah Jawa Tengah. “Seperti yang kami perkirakan, kota-kota kecil yang adalah kantor pemudik merupakan peminat utama layanan Esia GoGo,” kata Danny Buldansyah, Wakil Direktur Utama Bakrie Telecom. Nadia Citra Surya

0 komentar: