09 September 2009 Telkom Uji Coba Layanan TV Interaktif

INILAH.COM, Jakarta – Telkom secara resmi melakukan uji coba layanan Internet Protocol Televisi (IPTV) pada Selasa di Gedung Departemen Komunikasi dan Informatika, Jakata.

Uji coba tersebut dilakukan bersamaan dengan penandatangan MoU sosialisasi Sensus Penduduk 2010 antara Biro Pusat Statistik (BPS) dengan Depkominfo.

Vice President Public and Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia, mengatakan, dengan terbitnya Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 30/Per/M/Kominfo/8/2009 tentang penyelenggaraan layanan televisi protokol internet di Indonesia pada 19 Agustus 2009, maka tidak ada keraguan lagi bagi Telkom untuk menggelar layanan IPTV kepada publik.

Trial (percobaan) layanan IPTV Telkom ini menjadi satu bukti bahwa Telkom senantiasa berupaya memberikan yang terbaik bagi pelanggannya,” kata Eddy.

Ia berharap layanan itu dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat modern yang menjadikan informasi sebagai kebutuhan utama.

Eddy menambahkan, salah satu nilai tambah yang akan segera diberikan kepada pelanggan publik adalah layanan IPTV, suatu layanan TV Interaktif yang dilewatkan melalui jaringan Speedy.

“IPTV melengkapi Speedy sebagai layanan triple play yaitu 3 layanan voice, internet, dan video dengan satu koneksi kepada pelanggan,” katanya.

IPTV Telkom memiliki fitur interaktif yang beragam yang memungkinkan penonton memilih program favoritnya tanpa perlu khawatir ketinggalan program favorit lain.

Dengan demikian kendali atas program televisi sepenuhnya ada di tangan penonton. Selain itu gambar yang dihadirkan juga memiliki kualitas yan gjauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan payTV yang ada saat ini.

Sejumlah fitur yang dapat disediakan oleh IPTV di antaranya Electronic Program Guide (EPG), Digital Video Recording (DVR), Time-Shift TV, Pay Per View, Video on Demand (VoD), Music on Demand, dan Parental Guide.

Fitur game pun tersedia dan ke depan segera dikembangakan layanan penunjang yakni Shopping TV sebuah layanan bagi para penonton untuk memesan dan membeli barang yang diminati saat menyaksikan layanan televisi.

“Dengan layanan ini, kami berharap bisa memberikan sensasi baru menonton televisi di mana semua pelanggan bebas menentukan apa yang ingin ditonton sesuai kebutuhannya,” katanya.

Menurut Eddy, layanan IPTV sangat efisien diterapkan saat bila dibandingakan dengan mahalnya berlangganan telepon, internet, dan tv digital secara terpisah melalui operator yang berbeda. (*/cms)

0 komentar: