12 September 2009 Telkomsel Siap Hadapi Lonjakan Trafik

Bandung, Seputar Indonesia (11/09/2009) – Perbaikan di semua sektor yang dilakukan PT Telkomsel, membuat provider tertua di Indonesia ini siap mengantisipasi lonjakan trafik saat Lebaran. Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan, semua elemen jaringan yang telah dipersiapkan tersebut telah diperhitungkan secara matang berdasarkan berbagai data tren yang terjadi pada 2008 lalu.

Dari data 2008 silam, julmah pelanggan yang menggunakan jaringan Telkomsel di Padang melonjak 9%, Sumatera Selatan naik 5%, Jabar naik 12%, Jateng naik 29%, Jatim naik 10%, Bali-Nusa Tenggara naik 5%, Kalimantan naik 6%, dan Makassar naik 2%.

Trafik komunikasi pun rata-rata melonjak 10-53% dibanding saat normal sehari-hari. Sedangkan, di Jabotabek terlihat sekitar 23% pelanggan melakukan mudik ke kampung halaman, tetapi trafik komunikasi hanya menurun 4%.

“Perpindahan pelanggan saat mudik (roaming) dari sudatu kawasan ke tujuan mudik yang terlihat dari data 2008 tersebut telah diantisipasi dengan ketersediaan VLR atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan,” kata dia kemarin.

Di sepanjang jalur utama mudik Jawa-Bali dengan beberapa lokasi tujuan mudik di luar Jawa, telah disediakan kelonggaran sebesar 20-25% sesuai perkiraan kebutuhan setiap kawasan. Dia mencontohkan, Jabar diberi kelonggaran kapasitas 23%, Jateng 20%, dan Jatim 21%.

Pihaknya juga mengimplementasikan teknologi enhanced full rate (EFR) yang dapat meningkatakan kapasitas handling trafik komunikasi menjadi dua kali lipat dengan dukungan teknologi adaptive multi rate (AMR).

Hal tersebut bertujuan untuk menghadirkan speech quality index pada teknologi EFR, sehingga pelanggan akan mendapatkan jaminan kenyamanan komunikasi sepanjang jalur mudik. Sementara, untuk memberikan kenyamanan SMS Telkomsel telah meningkatkan kapasitas menjadi 80.000 SMS/detik.

“Hal ini kami tujukan untuk mengantisipasi tren kenaikan trafik yang diperkirakan sama dengan tahun lalau, yakni melonjak 1,5-2 kali lipat dari trafik SMS di hari normal yang saat ini mencapai 260 juta SMS per hari,” tukas dia. (irvan christianto)

0 komentar: