14 September 2009 Telkomsel Siapkan Layanan Lalu Lintas Mudik Via Video

Jaringan Telepon Seluler Siap Hadapi Lebaran

Oleh Rizagana dan Encep Saepudin

Jakarta, Investor Daily – Operator telekomunikasi seluler Telkomsel, Indosat, dan XL siap memberikan kenyamanan berkomunikasi pada musim mudik dan Lebaran 1430 Hijriah. Ketiga operator seluler terbesar di Tanah Air itu telah meningkatkan kapasitas jaringannya demi menghadapi lonjakan trafik komunikasi selama Lebaran.

Demikian dikatakan Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno, Presiden Direktur dan CEO Indosat Harry Sasongko, serta Dirut PT Excelcomindo Pratama Hasnul Suhaimi di Jakarta, kemarin.

Sarwoto mengatakan, seluruh elemen jaringan Telkomsel telah ditingkatkan untuk menghadirkan jaringan terluas dan berkualitas dengan kapasitas yang memadai. Bahkan, pada tahun ini Telkomsel menghadirkan layanan vidoe surveillance pada 15 titik strategis yang bisa diakses pelanggan melalui ponsel 3G-nya. Caranya cukup menekan 9119.

Ke-15 titik strategis mudik itu adalah Bakauheni, Merak, Cileunyi, Nagrek, Cikopo, Kanci-Cirebon, Semarang, Porong, Waru-Surabaya, Ketapang, Gilimanuk, dan Jembatan Suramadu. Telkomsel kini memiliki pelanggan sebanyak 78 juta.

“Ini semua untuk memberikan kenyamanan berkomunikasi bagi seluruh pelanggan sepanjang musim mudik dan Lebaran. Ini merupakan hal yang utama, bahkan menjadi salah satu agenda utama tahunan Telkomsel untuk memberi layanan terbaiknya pada masa-masa penting,” kata Sarwoto.

Berbagai sisi elemen jaringan Telkomsel yang ditingkatkan secara signifikan antara lain adalah jangkauan layanan hingga pelosok negeri dengan dukungan 29 ribu base transceiver station (BTS). Bahkan, jaringan Telkomsel sudah hadir di perdesaan terpencil hingga perbatasan dengan negara lain, di atas 12 kapal Pelni.

“Kapasitas VLR (Visitor Location Register) atau kemampuan handling pelanggan ditingkatkan menjadi 96 juta dengan kapasitas kelonggaran daya tampung perpindahan pelanggan mudik bervariasi antara 20-25%,” kata Sarwoto.

Jaringan Telkomsel mampu menampung layanan SMS sebanyak 80 ribu per detik atau naik hampir dua kali lipat dibandingkan Lebaran tahun lalu yang hanya 47 ribu SMS per detik. Bahkan, untuk mengantisipasi meningkatnya akses Blackberry, Telkomsel juga meningkatkan kepasitasnya hingga menjadi 80 megabit per detik (Mbps), dari tahun lalu yang hanya 10 Mbps.

Command Center Indosat
Sementara itu, Harry Sasongko mengatakan, Indosat juga meningkatkan kapasitas jaringannya menjadi 10 juta Erlang per hari untuk komunikasi usara, dan 450 juta MS per hari. Sedangkan untuk komunikasi data, Indosat menyiapkan kapasitas sebesar 40 terabit (TB) per hari.

“Semua kapasitas yang disiapkan tersebut, baik voice, SMS, dan data, siap untuk mengantisipasi lonjakan trafik hingga lebih dari dua kali lipat dari trafik reguler hari biasa,” kata Harry.

Indosat yang kini memiliki 28 juta pelanggan, kata Harry, telah siap menghadapi kenaikan trafik telekomunikasi pada masa mudik dan Lebaran tahun ini. Tim Network Indosat telah selesai melakukan test drive sepanjang jalur mudik, baik jalur utara, jalur tengah, maupun jalur selatan di Pulau Jawa. Hasilnya secara umum bagus dan BTS Indosat yang berjumlah 15.428 unit siap mengantisipasi kenaikan trafik selama musim mudik.

Indosat juga menyiapkan Command Center yang beroperasi selama 24 jam pada 18-23 September 2009. “Indosat juga menyiapkan layanan pelanggan seperti Contact Center yang berada di empat lokasi utama. Contact Center ini siap melayani 24 jam penuh dnegan didukung 1.200 tenaga yang disiapkan untuk kebutuhan selama musim mudik Lebaran,” kata Harry.

XL Siapkan Trafik Hingga 200%
Sedangkan operator XL juga telah melakukan drive test untuk menguji jaringannya di jalur Pantai Utara Jawa, Batam (Sumatera), Balikpapan (Kalimantan), Makassar (Sulawesi), Gilimanuk-Denpasar-Padangbai (Bali), dan Lombok (Nusa Tenggara Barat).

Pada Lebaran ini, PT Excelcomindo Pratama (EP) menyiapkan jaringan, sehingga bisa menampung kapasitas trafik telekomunikasi sampai 200% atau tiga kali lipat dari hari normal. Pada hari normal, XL melayani trafik percakapan hingga 635 juta call dengan total menit sebesar 560 juta menit, 150 juta SMS, dan 1,45 TB untuk layanan data.

“Sepanjang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, kami perkirakan terjadi lonjakan trafik hingga 200%,” kata Presiden Direktur PT EP Hasnul Suhaimi.

0 komentar: