28 September 2009 Trafik Broadband IM2 Turun 12-15%

Jakarta, Investor Daily – PT Indosat Mega Media (IM2) memantau, selama musim liburan Lebaran 2009 (18-23 September), trafik layanan data IM2 turun 12-15% dari hari normal.

Trafik selama enam hari liburan itu rata-rata adalah 736 megabyte per second (Mbps) atau turun dibanding hari normal yang rata-rata tercatat 750 Mbps. Sedangkan packet per second (PPS), parameter untuk menghitung jumlah paket data yang keluar dan masuk jaringan, juga turun menjadi 219 kilo packet per second (Kpps) dari rata-rata hari normal yang sebesar 250 Kpps.

“Penurunan ini terjadi karena kemungkinan pelanggan lebih memilih untuk menggunakan sarana voice ataupun SMS untuk berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan keluarga dan sahabat. Layanan akses data IM2 relatif aman selama masa libur Lebaran,” ujar Direktur Utama PT IM2 Indah Atmanto di Jakarta, Minggu (27/9).

Traffic monitoring yang dilakukan IM2 memperlihatkan pergeseran wilayah relatif padat yang biasa terjadi di lokasi-lokasi di kota besar berpindah ke wilayah pinggiran kota, seperti Depok, Tangerang, Jatinangor, Buah Batu, Situbondo, dan lain-lain. Kepadatan trafik ini hanya terjadi di beberapa BTS yang umumnya padat permukiman dan bersifat spreading dan fluktuatif.

Jumlah inquiry yang masuk ke contact center IM2 pada masa mudik ini juga menurun 50% yakni menjadi 650 call per hari normal yang rata-rata 1300 call per hari. Padahal selama masa libur Lebaran, tim teknisi dan customer service IM2 telah siap sepanjang 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu.

Jangkauan jaringan Broadband 3G IM2 melingkupi kota-kota besar di Jawa, Bali, Medan, Batam, Makassar, dan lain-lain. Infrastruktur jaringan IM2 semakin kuat dan andal dengan penambahan frekuensi BWA 2,3 Ghz untuk zona Jawa Barat minus Bodetabek. IM2 juga melalui induk perusahaan, Indosat, baru-baru ini juga mendapatkan penambahan kanal frekuensi 3G dari pemerintah.

“Penambahan frekuensi ini memungkinkan IM2 untuk menghadirkan layanan akses internet broadband berkualitas sekaligus memperkuat posisi IM2 sebagai penyedia layanan internet broadband terdepan di Indonesia,” kata Indar. (rz)

0 komentar: