19 September 2009 XL beri kompensasi bagi pelanggan BlackBerry

Oleh Arif Pitoyo
Bisnis Indonesia

Jakarta (17/09/2009): PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) memberikan kompensasi penggantian kepada pelanggan BlackBerry yang terkena gangguan layanan.

Kompensasi itu berupa gratis XL WAP (wireless accees protocol) diberlakukan dari 17 September-31 Oktober 2009, adapun kompensasi berupa diskon tarif Rp20.000 (setara dengan diskon 50% tarif BlackBerry selama 8 hari) berlaku pada 18-25 September 2009.

Presdir XL Hasnul Suhaimi mengungkapkan permohonan maaf atas terjadinya gangguan pada layanan XL BlackBerry.

“Pemberian kompensasi tersebut berupa wujud apresiasi kami kepada pelanggan, meski dari beberapa pengecekan, tidak ada masalah pada jaringan XL,” ujarnya kemarin.

Menurut dia, untuk menghadapi potensi lonjakan trafik selama Ramadhan dan Lebaran, pihaknya sebenarnya telah selesai melakukan proses optimalisasi sekaligus upgrade kapasitas bandwidth BlackBerry dari 45 Mbps menjadi 90 Mbps yang tersambung langsung ke RIM melalui dua operator luar negeri tambahan.

Namun, tambah Hasnul, secara tiba-tiba muncul gangguan pada link komunikasi antara jaringan XL dan Reseach in Motion (RIM/produsen BlackBerry).

Operator tersebut mengklaim gangguan tersebut hanya menimpa kurang dari 3% dari seluruh pelanggan XL BlackBerry yang mencapai lebih dari 150.000 orang atau sekitar 5.000 orang sehingga menyebabkan lambatnya koneksi pada layanan, khususnya pada sore dan malam hari.

Tim XL saat ini melakukan klarifikasi ke RIM langsung di Kanada, tetapi sampai saat ini belum ada komfirmasi dari vendor tersebut. Tim XL juga sudah mengecek jaringan internalnya secara menyeluruh sekaligus melakukan langkah penangan di antaranya dengan memindahkan akses BlackBerry melalui WAP per 17 September 2009.

0 komentar: