01 September 2009 XL Hadirkan Layanan BlackBerry Korporasi

Jakarta, Investor Daily – PT Excelcomindo Pratama Tbk (EP) mempererat hubungan dengan para pelanggan korporasi dengan menghadirkan XL Corporate Ramadhan Day. Acara yang digelar Kamis, 27 Agustus 2009 di Jakarta meliputi seminar edukasi layanan serta manawarkan sejumlah layanan korporasi, terutama XL BlackBerry, bagi sekitar 1.400 pelanggan korporasi XL.

Direktur Commerce PT EP Joy Wahyudi mengatakan, layanan BlackBerry saat ini memang menjadi tren pada pelanggan perorangan. Namun, pihaknya tidak melupakan pelanggan korporasi. Terkait dengan Program XL Ramadhan Rame, PT EP menawarkan paket-paket XL BlackBerry untuk pelanggan korporasi sekaligus memberikan edukasi lengkap terkait layanan ini.

Acara XL Corporate Ramadhan Day ini didukung penuh Research in Motion (RIM), produsen BlackBerry. Untuk program edukasi, XL menggelar seminar dengan lima tema, yaitu tentang aplikasi XL Mall, memaksimalkan pemanfaatan BlackBerry untuk mendukung aktivitas kerja, BES Hosting, XL BlackBerry, serta BES Solution dari RIM.

“Program edukasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan seputar manfaat BlackBerry yang sangat dibutuhkan bagi pelanggan korporasi,” kata Joy di Jakarta, Kamis (27/8).

Per akhir semester I-2009, pelanggan korporasi XL mencapai 2.941 perusahaan. Mayoritas pelanggan korporasi bergerak di bidang perdagangan. Dari pelangan yang menggunakan layanan XL BlackBerry, sekitar 60% di antaranya menggunakan device dari XL.

Sedangkan layanan XL BlackBerry yang dihadirkan khusus bagi pelanggan korporasi adalah paket BlackBerry korporasi, yakni BlackBerry Enterprise Solutions (BES) dengan harga langganan mulai dari Rp180 ribu, Rp199 ribu, Rp250 ribu hingga Rp285 ribu per bulan per pelanggan.

“Selain itu, XL juga menawarkan Paket BIS (BlackBerry Internet Services) yang terdiri atas BIS Rp199 ribu per bulan per user plus data, dan BIS Rp199 ribu per bulan per user plus 100 menit voice,” kata dia.

Operator XL juga menawarkan BlackBerry Bold dengan harga Rp5,5 juta untuk BES dan Rp5,7 juta untuk BIS. Harga ini di bawah harga pasar yang saat ini mencapai Rp6,5 juta. Sedangkan bagi tamu undangan, XL juga memberikan penawaran khusus unutk handset BlackBerry Jevelin seharga Rp4,9 juta dan BlackBerry Bold Rp5,9 juta, serta Free Trial BES Hosting untuk satu bulan pertama (free trial tidak termasuk biaya layanannya).

Pelanggan yang membeli paket-paket XL BlackBerry, lanjut dia, XL juga memberikan asuransi Expro, berbagai asesoris seharga Rp300 ribu atau cash back Rp100 ribu. Layanan maksimal diberikan kepada pelanggan korporasi, antara lain solusi total untuk BlackBerry yang meliputi service, BlackBerry Enterprise Server, serta layanan maintenance.

Untuk pelanggan korporasi, XL juga menyediakan layanan Total Corporate Solusion berupa layanan menyeluruh dan terintegrasi data dan voice berupa GSM Corporate maupun fixed (Metro-E, MPLS, Leased Line, dan lain-lain). Semua layanan korporasi XL ini juga didukung dengan layanan after sales XL dan dedicated account manager. (cep)

0 komentar: