06 Oktober 2009 BTS Telkomsel dan Indosat kembali Berfungsi di Sumbar

Jakarta, Investor Daily (05/10/2009) – Setelah sempat terganggu akibat bencana gempa di Sumatera Barat, sebagian besar BTS (base transceiver station) milik Telkomsel dan Indosat kembali berfungsi normal. Saat ini, 709 BTS Telkomsel dari total 981 yang melayani wilayah itu sudah beroperasi normal, begitu pula dengan BTS Indosat di kota Pariaman, Solok, dan Bukittinggi.

Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan, Telkomsel mengerahkan compact mobile base transceiver (combat) atau mobile BTS untuk menambah kapasitas handling trafik komunikasi.

Lima combat tersebut akan ditempatkan di sekitar posko-posko dan pusat keramaian, salah satunya di Jalan Jenderal Sudirman yang dilengkapi dengan WiFi connection untuk mendukung layanan data di Kantor Gubernur yang kini menjadi media center dan rescue team dari luar negeri.

“Dengan beroperasinya 709 BTS tersebut, kini coverage layanan Telkomsel telah menjangkau 85% inner Padang dan hampir 100% wilayah outter seperti Pariaman, Bukittinggi, Solok, Payakumbuh, Pasaman, Palangki, dan painan,” kata Sarwoto Atmosutarno melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (4/10).

Sarwoto juga menytakan, Telkomsel terus berupaya secepat mungkin memulihkan jaringan, sekaligus menghadirkan posko pelayanan pelanggan dan posko kepedulian. “Kami berharap dalam dua hari ke depan, seluruh layanan kami sudah norma kembali,” ujarnya.

Untuk menjaga performansi jaringan dan mempercepat pengoperasian kembali BTS-BTS yang kehilangan pasokan listrik, Telkomsel menyatakan telah mendatangkan 74 mobile genset dari jakarta, Palembang, Pekanbaru, Jambi, dan Medan, serta melengkapi BTS dengan baterai rechargeable yang kuat menyuplai catu daya hingga enam jam.

“Di samping itu, kami juga terus berkoordinasi dengan PLN, BMG, dan Telkom serta memastikan pasokan BBM untuk tatap ada saat pengoperasian jaringan,” kata Sarwoto.

Sementara itu, Group Head Corporate Communications Adita Irawati mengatkan, BTS Indosat di kota Pariaman, Solok, dan Bukittinggi sepenuhnya telah beroperasi nomal. Sedangkan untuk kota Pada, BTS Indosat yang ada di wilayah itu akan segera beroperasi normal.

“Perangkat generator beserta bahan bakarnya telah didatangkan dari beberapa kantor cabang Indosat seperti Palembang, Pekanbaru, serta Medan, dan diharapkan pasokan ini dapat mendukung BTS di Sumatera Barat agar terus dapat beroperasi seperti biasa,” kata Adita.

Dia menambahakan, hingga hari ini, layanan Indosat baik suara, SMS, maupun data dari Matrix, Mentari, IM3, dan StarOne masih tetap berjalan dengan normal meskipun masih terjadi kepadatan lalu lintas telekomunikasi khususnya di kota Padang. (cep)

0 komentar: