03 Oktober 2009 Gempa Putuskan Jaringan Telepon Kabel di Padang

Rabu, 30 September 2009, 19:36 WIB

Medan, Kompas.com – Gempa berkekuatan 7,6 SR yang melanda Padang, Sumatera Barat, Rabu (30/9) sekitar pukul 17.16 WIB, membuat jaringan telepon kabel di daerah itu terputus, tetapi Telkom berupaya segara mengatasinya.

“Benar hubungan telepon kabel mengalami gangguan atau terputus sehingga hubungan ke telepon rumah atau kantor tidak bisa. Tapi bagi pengguna Flexi, hubungan masih cukup bagus,” kata Humas Telkom Padang, Diche Yunyana, seperti dikutip Antara, Rabu malam.

Dia tidak bisa merinci kerusakan jaringan kabel bawah tanah itu dengan alasan suasana masih belum memungkinkan untuk melakukan evaluasi dan termasuk penanganan.

Dia menjelaskan, bangunan kantor Telkom Padang yang berlokasi di Jalan KHA Dahlan, Padang, juga mengalami kerusakan berat sehingga juga menggunakan aktivitas petugas Telkom.

“Telkom akan berupaya secepatnya memulihkan jaringan atau minimal membantu penggunaan teknologi agar hubungan komunikasi bisa pulih kembali,” katanya.

Dia menambahkan, warga Padang ketakutan dengan terjadinya gempa yang cukup kuat bahkan dibandingkan gempa yang pernah terjadi tahun lalu.

Humas Telkom Medan Syaiful Hadi, yang dihubungi secara terpisah, membenarkan adanya laporan bahwa terjadi kerusakan pada kantor dan jaringan telepon rumah di Padang Sumbar.

“Data masih sedang dikumpulkan dan tentunya Telkom akan berupaya segara memulihkan jaringan atau minimal memanfaatkan teknologi lain agar komunikasi bisa berjalan lancar,” katanya.

0 komentar: