03 Oktober 2009 Pencurian Kabel Telepon Meningkat

Purwakarta, Republika (02/10/2009) – Aksi pencurian kabel telepon kembali marak, terutama saat sepekan sebelum lebaran. Akibat ulah tangan tak bertanggung jawab ini, PT Telkom Kancatel Purwakarta merugi. Pasalnya, saat menjelang lebaran itu, kebutuhan komunikasi pelanggan sedang meningkat.

Kancatel PT Telkom Purwakarta, Muskab Muzakkar mengatakan, sepekan menjelang lebaran kasus pencurian kabel telepon sampai delapan kali kejadian. Padahal, kata dia, pada bulan biasa, kasus vandalisme itu paling terjadi sekali. Akibat dari pencurian kabel ini, pihaknya diprotes ratusan pelanggannya.

“Kerugian yang paling kita rasakan adalah loss oportunity atau kerugian akibat kehilangan pendapatan dari pelanggan,” katanya, Kamis (1/10). Dikatakan Muskab, wilayah yang menjadi sasaran para pencuri, di antaranya Cikampek, Jatisari, dan Cilamaya Kabupaten Karawang.

Sedangkan di Purwakarta, hanya ada dua kejadian yaitu di Desa Cilangkap Kecamatan Babakan Cikao dan Kampung Cekong, Kecamatan Darangdan. Dari sisi materi, kerugian akibat pencurian kabel itu mencapai Rp30 juta.

Muskab menegaskan, telah berupaya untuk menekan kasus pencurian. Salah satunya, dengan memasang alat alarm dan pembenahan SDM di tingkat internal. Tak hanya itu, koordinasi dengan aparat kepolisian juga ditingkatkan. Dari sebagian besar kejadian, kata dia, kabel telepon yang menjadi sasaran pencuri yakni kabel yang terpasang di pohon besar. ■ win

0 komentar: