13 Oktober 2009 Penjualan Saham Mobile-8 Telecom

Smart Jadi Penawar Serius Saham Fren


Jakarta, Kontan (12/10/2009) – PT Sinar Mas Telecom (Smart) meramaikan bursa pembelian saham PT Mobile-8 Telecom Tbk (FREN) milik PT Global Mediacom Tbk (BMTR). Manajemen Smart menyatakan telah mendapat tawaran dari BMTR untuk membeli 19% saham FREN milik BMTR.

Presiden Direktur Smart Telecom Sutikno Widjaja mengaku telah menerima tawaran tersebut tiga bulan lalu. Saat ini mereka masih menegosiasikan tawaran akuisisi saham FREN itu dengan BMTR. “Mereka yang menyodori lebih dulu ke kami. Kalau tidak ada tawaran, ya kami tidak bisa menawar,” ujarnya kemarin (9/10).

Sutikno belum bisa membuka lebih detail soal nilai penawaran Smart. Namun, seandainya jadi mengakuisisi saham FREN, Smart akan mencari sumber pendaaan dari utang bank. “Kalau barang bagus, uangnya bisa kami cari,” imbuhnya.

Hubungan Investor Global Mediacom William Utama membenarkan perusahaannya telah menawarkan 19% saham FREN kepada anak usaha Group Sinar Mas tersebut. Bahkan, penawaran itu sudah mereka jajaki dengan Group Sinar Mas sejak Smart belum berdiri. “Saat ini, kelihatannya hanya mereka yang masih serius mengajukan penawaran,” tuturnya.

Willian masih enggan membuka harga penawaran 19% saham FREN. Yang jelas, usai penjualan itu, BMTR tak punya lagi saham FREN.

Sejak tahun lalu, BMTR terus mengurangi kepemilikan saham di FREN. Tahun lalu misalnya, kerajaan media milik Hary Tanoesoedibjo ini sudah melego 22,7% saham FREN miliknya kepada Jerash Investment. Pasca penjualan itu, BMTR tinggal memiliki 19% saham FREN.

Selain Smart, kabarnya operator seluler milik Group Bakrie, PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL), juga berminat membeli 19% saham FREN. Namun sejauh ini, manajeman BTEL membantah kabar tersebut.

Direktur Corporate Services BTEL Rakhmat Junaedi mengatakan, BTEL tidak pernah mengajukan penawaran untuk mengakuisisi saham FREN. Dia bilang, operator telepon merek Esia ini sedang fokus mengembangkan bisnisnya secara organik. Gentur P., Yuwono T.

0 komentar: