06 Oktober 2009 Smart Perluas EVDO di Kota-Kota Besar Jatim

Surabaya, Investor Daily – Sukses meluncurkan layanan Jump, layanan internet kecepatan tinggi hingga 2 megabit per detik (Mbps), PT Smart Telecom terus memperluas layanan data generasi ketiga (EVDO) itu ke kota-kota besar di Jawa Timur (Jatim). Ini dilakukan setelah operator CDMA itu meluncurkan layanan Jump di Surabaya pada pertengahan September lalu dan mendapatkan respons dari pelanggan.

“Secara umum, industri telekomunikasi memang akan mengarah pada konvergensi dengan bisnis layanan data,” kata Head of East Java, Bali, Nustra PT Smart Telecom Arinto J Utama di sela peresmian Galeri Smart di Surabaya, Senin (5/10).

Saat ini, kata Arinto pertumbuhan pelanggan data terus meningkat signifikan. Dari total pelanggan Smart yang mencapai di atas 2 juta, 200.000 di antaranya adalah pelanggan bisnis layanan data. Ke depan pihaknya akan terus meningkatkan penetrasi di bisnis layanan data, termasuk dengan peluncuran berbagai infovasi produk dan peningkatan kualitas infrastruktur jaringan.

Saat ini, Smart menggunakan teknologi EVDO Rev. A dengan kecepatan download hingga 3,1 Mbps dan upload 1,8 Mbps. Layanan ini sudah menjakau wilayah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bali, dan Surabaya. Pelanggan Smart Telecom Jatim juga bisa menikmati layanan internet kecepatan tinggi yang makin dibutuhkan. Saat ini Smart Telecom sedang mempersiapkan infrastruktur pendukung layanan EVDO tersebut ke kota-kota lain di Jatim karena potensi pasar pengguna internet di Jatim juga tinggi.

“Smart optimistis layanan EVDO bisa diterima pelanggan Jatim, khususnya Surabaya dan sekitarnya untuk tahap awal. Meski operator lain sudah lebih dulu meluncurkan, Smart tetap optimistis bisa bersaing. Salah satu kuncinya karena infrastruktur kanal data dan suara terpisah, sehingga kecil terjadi blank,” jelas dia.

Chief Sales Officer Smart Telecom Charles Sitorus mengambahkan, untuk Surabaya, pihaknya tidak menetapkan target khusus tentang target pelanggan karena layanan EVDO merupakan komliment bagi pelanggan Smart Telecom untuk menikmati layanan internet kecepatan tinggi dengan harga murah.

“Melihat respons pasar Jakarta, Smart optimistis bisa sukses juga di Surabaya, Jatim dan Indonesia Timur. Kami akan ekspansi layanan EVDO Rev. A kebanyak tempat untuk meningkatkan penetrasi pasar, antara lain, di Malang, Madiun, Jember, dan Mojokerto,” ujar Charles.

Sampai akhir tahun ini kami targetkan sudah hadir di 32 kota di seluruh Indonesia. Sayangnya, Charles enggan menjelaskan berapa dana yang disiapkan Smart Telecom untuk keperluan ekspansi tersebut. Saat ini Smart Telecom akan lebih fokus pada titik-titik strategis di kota-kota besar untuk menggenjot pasar. (zal)

0 komentar: