02 November 2009 3 Operator berebut pasar BB Gemini

Oleh Fita Indah Maulani
Bisnis Indonesia

Jakarta: Tiga operator terafiliasi dengan produsen BlackBerry, Research in Motion (RIM)-Axis, Indosat, XL-berebut pasar BlackBerry Gemini setelah permintaan pada pemesanan perdana membeludak.

Persaingan antara Axis, Indosat dan XL di mulai dari masa pemesanan dengan berbagai penawaran. Pertengahan bulan lalu, XL menjadi operator pertama yang mengeluarkan BlackBerry Gemini, sementara Indosat baru merilis produk ini pekan lalu.

Meskipun melancarkan paling akhir, jumlah pemesanan yang dicapai Indosat diklaim lebih banyak dibandingkan dengan operator lainnya, yaitu sebesar 10.000 unit. Operator ini bahkan menambah pasokan BlackBerry Gemini (Curve 8520) sebanyak 20.000 unit lagi bulan ini.

Syakieb A. Sungkar, Chief Sales Officer PT Indosat Tbk, mengatakan pihaknya menambah pasokan untuk mengantisipasi lonjakan permintaan.

“Kami merasa perlu menambah lagi karena pada tahap awal saja sudah 10.000 unit yang memesan, di luar pembelian langsung saat peluncuran,” ujarnya pekan lalu.

Peluncuran BlackBerry Gemini Indosat dilakukan dalam Bursa Gedget BlackBerry yang berlangsung sepanjang akhir pekan lalu. Indosat memasarkan Gemini secara retail dengan harga Rp3,5 juta per unit.

Selain XL dan Indosat, Axis juga menjadi operator yang membuka pemesanan awal untuk BlackBerry Gemini. BlackBerry Gemini menjadi salah satu perangkat yang dinanti-nanti karena menawarkan fitur BlackBerry yang lumayan lengkap dengan harga relatif murah.

Menyusul XL, Axis menyerahkan BlackBerry Curve 8520 kepada para pelanggannya yang melakukan pemesanan awal sejak pertengahan bulan lalu.

Penyerahan dilakukan oleh operator seluler milik PT Natrindo Telepon Selulser (NTS) itu lewat Axis Center secara berkala disesuaikan dengan permintaan di setiap Axis Center.

Axis berhasil menjual sekitar 5.000 unit Gemini melalui pola pemesanan ini, hampir sama dengan pemesanan yang diperoleh XL.

Persaingan penjualan produk ini tidak hanya antara tiga operator, karena ponsel BlackBerry Gemini dilakukan distributor nonoperator.

0 komentar: