17 November 2009 Aksi Korporasi Excelcomindo

Ganti Nama, EXCL Rambah Ragional

Jakarta, Kontan – Menandai rencana ekspansinya ke pasar regional, PT Excelcomindo Pratama Tbk (EXCL) mengubah namanya menjadi PT XL Axiata Tbk. Nama ini mereka ambil dari nama pemegang saham mayoritasnya, Axiata Group Berhad.

Presiden Direktur EXCL Hasnul Suhaimi menjelaskan, perubahan nama ini telah mendapat persetujuan dari para pemegang sahamnya, kemarin (16/11).

Selanjutnya, bersama sekitar sembilan operator telekomunikasi di kawasan Asia, EXCL bersiap memberikan paket khusus bagi para pelanggannya di beberapa negara. Beberapa operator di kawasan regional yang akan digandeng EXCL, adalah Mobile One (M1) dari Singapura, Celcom dari negeri jiran Malaysia, dan Dialog Telecom PLC dari Srilanka.

Meski tidak mematok target pelanggan atas rencana ekspansi regional tersebut, Hasnul optimistis tahun depan produk-produk layanan EXCL semakin mendapat tempat di hati masyarakat.

“Salah satu layanan menarik yang kami berikan adalah batasan maksimum roaming pelanggan sesama operator Group Axiata tidak lebih dari Rp25.000 per hari,” kata Hasnul.

Aksi EXCL tidak berhenti sampai di situ. Hansul menerangkan, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) kemarin menetujui penambahan kegiatan usaha perusahaan halo-halo itu.

Tambahan layanan itu berupa layanan pembayaran pengiriman uang melalui jaringan telekomunikasi EXCL layaknya SMS Banking. “Ini akan semakin memperkaya manfaat layanan XL,’ kata Hasnul. Rencananya, EXCL akan meluncurkan layanan ini dalam waktu dekat.

Sekedar informasi, hingga akhir September 2009, jumlah pelanggan EXCL sebanyak 26,6 juta orang. Hingga akhir tahun nanti, perusahaan berharap setidaknya bisa memiliki 30 juta pelanggan.

Di sisi lain, EXCL juga menargetkan jumlah utangnya menyusut dari Rp18,5 triliun pada akhir September 2009 lalu menjadi Rp15,5 triliun. Caranya, melunasi utang lebih dini. Sumber dananya dari hasil penerbitan saham baru atau rights issue sebesar Rp2,84 triliun.

Pada akhir perdagangan kemarin, harga saham EXCL turun 1,59% menjadi Rp1.860 per saham. *Irma Yani Nasution

0 komentar: