26 November 2009 Pertumbuhan Pelanggan BlackBerry bisa 100%

Oleh Muhammad Sufyan
Bisnis Indonesia

Bandung: Operator seluler di Jabar memperkirakan pertumbuhan pelanggan BlackBerry (BB) pada 2010 bisa mencapai 20%-100% dari posisi eksisting.

Sri Bimo Ariyanto, Manager Grapari Area Bandung PT Telkomsel, mengatakan pertumbuhan realistis pengguna layanan BB tahun depan mencapai 20%-30% atau relatif lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan tahun ini.

“Pasar BB di Bandung pada 2010 masih tetap bagus. Saya melihat kecenderungannya justru meningkat,” katanya, kemarin.

Dia mengatakan penetrasi pasar ponsel BB masih terbuka luas. Saat ini jumlah pelanggan BB Telkomsel di Bandung saja diperkirakan 20.000 pelanggan, dengan rata-rata pertumbuhan pelanggan 1%-2% per bulan.

Dia menambahkan pertumbuhan pelanggan BB pada 2010 didorong perilaku masyarakat yang semakin akrab dengan aplikasi teknologi informasi, seperti chatting, browsing, berkirim email, ataupun situs jejaring sosial.

Di sisi lain, lanjutnya, harga jual perangkat telepon seluler BB cenderung semakin turun sehingga semakin terjangkau masyarakat.

Sekarang, dengan dana sedikit di atas Rp2,6 juta-an, menurutnya, konsumen sudah bisa membawa pulang satu unit perangkat BB baru.

“Dengan berbagai faktor pendorong tersebut, wajar BB tahun depan justru makin diminati,” katanya.

Untuk menjaga kualitas layanan pengguna BB, lanjutnya, perusahaan akan menambahkan kapasitas bandwidth tahun depan.

“Saat ini kami menyediakan bandwidth berkapasitas hingga 100 MB untuk pelanggan BB,” katanya.

Tumbuh tinggi
Robert A. Pangestu, Manager Direct Sales Central Region PT Excelcomindo Pratama, mengungkapkan XL telah memiliki kapasitas bandwidth hingga 180 MB, bahkan optimistis pertumbuhan BB mencapai double digit.

Dengan jumlah pelanggan sekarang antara 20.000-24.000 nomor, pihaknya optimistis bisa melipatgandakan pengguna di tahun depan.

Apalagi, katanya, pencapaian tahun ini juga menunjukkan perolehan target lebih cepat dari jadwal semula.

Dia mencontohkan target jumlah pelanggan nasional 2009 sebesar 101.000 nomor, ternyata sudah tercapai pada Juni. Target kemudian ditingkatkan jagi 200.000 nomor, itu pun tercapai pula pada November lalu.

“Akhirnya, target kami keseluruhan di akhir tahun ini jadi 250.000 pelanggan XL. Pertumbuhan lebih cepat dari target ini juga terjadi di Jabar, yang share pelanggannya antara 10%-12%,” ujarnya. (K39)

0 komentar: