07 November 2009 Telkomsel Hadirkan Flash Berkecepatan 21 Mbps

Jakarta, Investor Daily (05/11/2009) – Telkomsel meluncurkan Next Generation Flash yang bisa menghadirkan akses internet mobile broadband berkecepatan hingga 21 megabit per detik (Mbps). Kehadiran teknologi High Speedy Packet Access (HSPA)+ ini menyusul tambahan frekuensi 3G sebesar 5 MHz dari pemerintah.

Dirut Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan, dengan tambahan kanal frekuensi 3G itu, kapasitas jaringan Telkomsel kini mampu melayani hingga 16 juta pelanggan data. Peluncuran Next Generation Flash ini juga sebagai rangkaian upaya menghadirkan layanan mobile broadband yang lebih berkualitas.

“Kami ingin memandu industri seluler memasuki era mobile broadband yang lebih berkualitas. Next Generation Flash ini sudah digelar di Jakarta, dan pada tahun ini juga akan dinikmati pelanggan Telkomsel di Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan. Pada tahun berikutnya, kami layani daerah-daerah lain,” kata dia.

Vice President Radio Access Engineering (RAE) area Jawa-Bali Venusiana mengatakan, untuk menghadirkan layanan HSPA+, Telkomsel harus meng-upgrade jaringan 3G yang kini didukung 4 ribuan Node B atau yang dikenal dengan base transceiver station (BTS) 3G. Upgrade itu menyangkut perangkat keras maupun lunak.

“Dana yang dibutuhkan untuk upgrade jaringan ke HSPA+ ini sekitar 10% dari total belanja modal Telkomsel yang tahun ini mencapai Rp13 triliun. Dana ini tidak termasuk untuk membangun Node-B baru,” kata dia.

Sarwoto mengatakan, jaringan 3G Telkomsel saat ini sudah melayani 24 kota di seluruh Indonesia dengan dukungan 4 ribu Node-B. Pada tahun ini, jumlah Node-B akan ditambah menjadi dua kali lipatnya. Setelah 3G, HSDPA, kini Telkomsel menggelar HSPA+. Telkomsel juga tengah melakukan uji coba teknologi GSM generasi keempat (4G) atau Long Term Evolution (LTE).

“Ini konsistensi Telkomsel dalam menerapkan roadmap teknologi GSM, 3G hingga 4G (LTE) yang mampu menghadirkan akses internet berkecepatan 100 Mbps,” kata dia.

Hanya saja, lanjut Sarwoto, pelanggan pascabayar Telkomsel (Kartu Halo) yang akan menikmati layanan HSPA+ ini secara optimum dibandingkan pelanggan prabayar (Simpati dan Kartu AS). “Pelanggan Kartu Halo akan mendapat kesempatan lebih besar dri pelanggan prabayar menikmati kecepatan akses internet tertinggi, bahkan hingga 21 Mbps,” kata dia.

Saat ini pelanggan Telkomsel mencapai 79 juta, dan pelanggan Flash mencapai 1,4 juta atau meningkat 700% dibanding posisi awal 2009 yang hanya 200 ribu. Sedangkan pelanggan data Telkomsel saat ini sekitar 10 juta. Potensi pengguna mobile broadband di Indonesia diperkirakan mencapai 5-6 juta pada akhir 2010. (rz)

0 komentar: