17 November 2009 Telkomsel Market Leader di Jawa-Bali

Surabaya, Investor Daily – Telkomsel makin memantapkan diri sebagai pemimpin pasar di industri seluler. Di area Jawa-Bali (Jateng/DIY, Jatim, dan Bali/Nusa Tenggara), Telkomsel berhasil meraih 19,2 juta pelanggan hingga Oktober 2009 atau meningkat 23% dibanding posisi akhir 2008 yang 15,5 juta. Anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) ini kini menguasai pangsa 44,5% di area Jawa-Bali.

Vice President Telkomsel Area Jawa Bali Gilang Prasetya mengatakan, persaingan bisnis telekomunikasi di area ini sangat ketat karena potensinya yang besar dan masih bertumbuh pesat, khususnya di daerah timur. Oleh karena itu, Telkomsel yang sempat tertinggal dari kompetitor pada beberapa wilayah, mulai tahun ini perbedaannya secara perlahan diperkecil dan bahkan menjadi market leader.

“Kami melakukan banyak inovasi produk dan meningkatkan kualitas infrastruktur sepanjang tahun ini untuk memperahankan posisi market leader. Kondisi ini sekaligus membuktikan bahwa konsumen sudah berorientasi pada kualitas, tak lagi terfokus pada gimmick marketing atau hanya tarif murah,” kata Gilang di sela jumpa pers Overview 2009 and Outlook 2010 Telkomsel Area Jawa Bali di Badung, Bali, Sabtu (14/11).

Gilang berani mengklaim bahwa di kawasan Bali, Jatim, Jateng/DI Yogyakarta, Telkomsel sudah menjadi market leader, setelah sebelumnya dipimpin oleh kompetitor. “Hanya operator yang punya infrastruktur berkualitas dan inovasi produk termutakhir yang bisa memenangkan persaingan,” jelas Gilang.

Telkomsel, kata Gilang, juga fokus pada penambahan berbagai layanan pendukung. Pada 2010, selain fokus layanan pelanggan juga pada layanan data. Banyak program layanan data yang siap diluncurkan Telkomsel sebagai bisnis baru.

Sementara itu, General Manager Corporate Communication Telkomsel Ricardo Indra menambahkan, per Oktober, Telkomsel area Jawa-Bali didukung 262.865 titik pelayanan dan penjualan atau naik 122% dibanding posisi 2008. Di area ini didukung 5,879 BTS (2G) dan 1,232 Node-B (BTS 3G). Secara nasional, Telkomsel kini didukung hampir 29 ribu BTS, yang di dalamnya ada 4.000 Node-B.

“Ke depannya, kami akan menambah kualitas infrastruktur jaringan sebagai syarat mutlak untuk menjaga loyalitas pelanggan. Kami akan fokus pada upaya menjaga loyalitas pelanggan sembari terus memperluas penetrasi pasar,” kata Ricardo. (zal)

0 komentar: