17 November 2009 XL Rambah Bisnis Pengiriman Uang

Jakarta, Koran Jakarta – Potensi besar pengirman uang yang dilakukan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ikut dilirik operator. Salah satunya dilakukan PT Exceolcomindo Pratama Tbk (XL) yang berencana menambah lini bisnisnya dengan menggeluti jasa pembayaran pengiriman uang melalui jaringan telekomunikasi.

“Kebutuhan pelanggan atas jasa tersebut lumayan besar. Para pemegang saham sudah menyetujui untuk terjun di bisnis ini. Langkah selanjutnya adalah meminta lisensi ke Bank Indonesia,” ungkap Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi di Jakara, Senin (16/11).

Selama ini, XL telah melakukan inkubasi layanan ini dengan Bank BNI untuk para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Hong Kong. Rencananya, dalam layanan itu XL juga akan membidik untuk TKI di Malaysia dan Arab Saudi.

Direktur Pemasaran XL Nicanor V Santiago menjelaskan revenue generating dari layanan ini datang dari SMS notifikasi, penjualan pulsa, dan komisi pengiriman uang.

“Di Filipina masa inkubasi layanan ini empat hingga lima tahun,” kata dia.

Direktur Commerce XL Joy Wahyudi menambahkan guna menciptakan ekosistem dari jasa ini perseroan terus menggenjot jumlah pelanggan. “Salah satunya kami mengincar pelaggan dengan menjual ponsel bundling.”

Sementara itu, tren program bundling yang dilakukan operator seluler dengan produsen ponsel juga dilakuakn Gvon Nusantara yang mengusung merek Gvon. Produsen ponsel ini menggandeng XL untuk memasarkan beberapa model ponsel buatannya.

Direktur Gvon Nusantara Harianto mengungkapkan Gvon menggandeng XL untuk bundling ponsel seri Gvon 920 dengan harga 1,19 juta rupiah dan Gvon 950 dengan harga 999 ribu rupiah.

“Kedua ponsel ini target awalnya bisa laku sampai 100.000 unit. Tapi minimal jiga bisa 50 ribu unit sampai akhir tahun saja sudah bagus,” kata dia. ■ dni/E-2

0 komentar: