06 Maret 2009 EDI Indonesia Tidak Dijual ke Telkom

Oleh Bambang P. Jatmiko Jakarta, Bisnis Indonesia – PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) memutuskan untuk tidak melepas PT Elektronik Data Indonesia (EDI Indonesia) kepada PT Telkom Tbk.

Direktur Utama Pelindo II A. Syarifudin mengatakan setelah menggelar pembicaraan dengan Dewan Komisaris Pelindo, akhirnya diputuskan EDI Indonesia tidak akan dilepas kepada siapa pun, termasuk Telkom.

“Kami masih punya rencana ke depan untuk mengembangkan EDI Indonesia menjadi lebih baik dan memberi kontribusi ke perseroan,” katanya kemarin.

Pada kuartal II/2008 Telkom menyatakan minatnya membeli 51% saham EDI Indonesia kepada Pelindo II. Namun sejak proposal itu dikirim, BUMN kepelabuhan itu tidak memberikan respons sama sekali.

Menurut Syarifudin, keberadaan EDI Indonesia dibutuhkan oleh perseroan untuk mendukung jasa pelabuhan. Pelindo II juga berkepentingan dengan anak usahanya itu untuk mendukung bisnis yang lain.

“Ke depan kami menjajaki kerja sama untuk pengembangan EDI Indonesia, dalam arti bukan melalui penjualan, melainkan lewat patungan,” lanjut Syarifudin.

PT EDI Indonesia merupakan salah satu anak perusahaan Pelindo II yang bergerak dalam bidang jasa telekomunikasi, teknologi informasi, jaringan elektronik data interchange, distribusi peralatan komunikasi, dan pemasangan instalasi peralatan telekomunikasi.

Dalam situs resmi Pelindo II disebutkan bahwa saat EDI Indonesia didirikan pada Juli 1995, komposisi kepemilikan saham adalah Pelindo II sebesar 51%, dan PT Sisindosat Lintas Buana (anak perusahaan PT Indosat) sebesar 49%.

Pengalihan Saham
Dalam perkembangan selanjutnya telah terjadi pengalihan seluruh saham Sisindosat Lintas Buana kepada PT Sisindokom Lintas Buana.

Dari data yang diperoleh Bisnis menunjukkan selama 2007 pendapatan kotor perseroan mencapai Rp73 miliar, dan laba bersih mencapai Rp16 miliar. Rata-rata pertumbuhan bisnis EDI Indonesia mencapai 20% per tahun.

Telkom tahun ini menyediakan dana hingga Rp1 triliun untuk mengakuisisi perusahaan lokal, yang masuk ke dalam belanja modal (capital expenditure/capex) 2009.

Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah mengatakan akuisisi perusahaan lokal tersebut akan dilakukan pada tahun ini.

Telkom juga akan mengakuisisi perusahaan asing asal Iran yaitu Telecommunication Company of Iran (TCI).

0 komentar: