25 Agustus 2009 Telkomsel Restrukturisasi Kartu As

Jakarta, Koran Jakarta – Telkomsel merestrukturisasi posisi kartu As agar tidak berbenturan dengan kartu prabayar lain yang diusung operator tersebut. simPati. Kartu As akan kembali diposisikan Telkomsel untuk menyasar segmen low end.

“Belakangan ini positioning kartuAs mendekati simPati. Akhirnya tidak terjadi diferensiasi yang berujung salah satu produk menjadi korban berupa kehilanggan pelanggan,” ujarnya GM Pemasaran Telkomsel, Nirwan Lesmana, di Jakarta, Senin (24/8).

Diungkapannya, kartu As secara strategi perseroan menyasar segmen C dan D, sedangkan simPati untuk menengah atas. Namun, karena persaingan harga, produk simPti memiliki tarif yang tidak jauh berbeda dengan As.

Akhirnya, produk As mengalami penurunan pelangan selama lima persen pada semester pertama lalu dengan hanya memiliki 21 juta pelanggan.

Salah satu langkah strategis untuk mengembalikan posisi Kartu As adalah mem-bundling ponsel low end Nexian NX-G330 dengan starter pack kartu seluler prabayar tersebut. Bundling ponsel yang diberi nama Nexian Hikmah ini dilepas dengan banderol 329 ribu rupiah.

Ponsel bundling tersebut merupakan bagian dari tema mobile lifestyle yang diusung Telkomsel, yakni pengguna bisa menikmati fitur telekomunikasi dan multimedia dengan bonus kartu memori 256 MB serta gratis akses data 1 MB.

Telkomsel menyediakan 10 ribu unit ponsel jenis tersebut. Diharapkan pada akhir tahun nanti jumlah pelanggan AS mencapai 22 juta pelanggan dengan average revenue per users (ARPU) sebesar 30 ribu rupiah. ■ dni/E-2

0 komentar: