11 November 2009 Indosat siap gelar HSPA+ akhir tahun

Oleh Fita Indah Maulani
Bisnis Indonesia

Jakarta (10/11/2009): PT Indosat Tbk optimistis bisa memulai layanan terbaru broadband 3.5G di area Jabodetabek pada akhir tahun ini setelah sukses melakukan uji coba demo teknologi bulan ini.

Guntur S. Siboro, Chief Marketing Officer Indosat, mengatakan teknologi terbaru ini akan meningkatkan kecepatan akses layanan data yang diharapkan akan memberikan penghematan waktu yang cukup signifikan dalam melakukan komunikasi data ataupun browsing Internet.

“Dengan kecepatan akses download hingga 21 Mbps serta kecepatan upload data hingga 5,8 Mbps,” ujarnya kemarin.

Selain Indosat, PT Telkmsel menargetkan penggelaran HSPA (high speed packet access) di 24 kota yang mendukung penciptaan pasar 6 juta pengguna mobile broadband.

Direktur Bidang ICT Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Informasi Ventura Elisawati mengatakan investasi triliunan rupiah yang dihabiskan operator untuk menggelar jaringan berbasis teknologi HSPA+ untuk akses data dinilai sangat mubazir. Saat ini, baru Telkomsel dan Indosat yang menyatakan kesiapannya menggelar akses data yang kecepatannya dijanjikan sampai 21 Mbps tersebut.

Telkomsel mengklaim telah mengomersialkan jaringan tersebut di sejumlah titik area Jabodetabek, sedangkan Indosat baru akhir 2009.

Untuk membangun jaringan HSPA+, Telkomsel menginvestasikan 10% dari total belanja modal tahun ini yang mencapai Rp13 triliun, sedangkan Indosat belum mau mengungkapkan biaya investasinya.

Sebagian kalangan menyayangkan biaya Rp1,3 triliun hanya dihabiskan Telkomsel untuk HSPA+ yang kecepatan dan kapasitasnya belum teruji.

“Karena pengguna untuk pemakaian wajar juga nggak butuh speed secepat itu. Di Indonesia, pelanggan nggak pernah benar-benar mencapai kecepatan ideal yang dimaksud,” jelas Ventura.

Dirut Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan HSPA+ merupakan roadmap kecepatan broadband akses menuju LTE (long term evolution). (ARIF PITOYO)

0 komentar: